Senin, 08 Desember 2014

Membaca Ayat Kursi Menjelang Tidur

Membaca Ayat Kursi Menjelang Tidur

Adalah sunnah yang telah diajarkan nabi Shallallahu 'alaihi wasallam untuk membaca Ayat Kursi sebelum tidur, Hal ini berdasarkan hadits tentang kisah Abu Hurairah Radhiallahu'anhu yang diajari oleh syaithon tentang ayat kursi bahwa membaca Ayat Kursi sebelum tidur adalah upaya agar terhindar dari kejahatannya. Di ahir hadits itu syaithon berkata, "Jika engkau membacanya, maka Allah senantiasa akan menjagamu dan syaithon tidak akan mendekatimu hingga pagi." (HR. Al-Bukhariy - Fathul Baarii 4/487)

Adapun lafadz ayat kursi adalah :

اللَّهُ لا إِلَهَ إِلا هُوَ الْحَيُّ الْقَيُّومُ لا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلا نَوْمٌ لَهُ مَا فِي السَّمَاوَاتِ وَمَا فِي الأرْضِ مَنْ ذَا الَّذِي يَشْفَعُ عِنْدَهُ إِلا بِإِذْنِهِ يَعْلَمُ مَا بَيْنَ أَيْدِيهِمْ وَمَا خَلْفَهُمْ وَلا يُحِيطُونَ بِشَيْءٍ مِنْ عِلْمِهِ إِلا بِمَا شَاءَ وَسِعَ كُرْسِيُّهُ السَّمَاوَاتِ وَالأرْضَ وَلا يَئُودُهُ حِفْظُهُمَا وَهُوَ الْعَلِيُّ الْعَظِيمُ

"Allah, tidak ada Tuhan (yang berhak disembah) melainkan Dia Yang Hidup kekal lagi terus menerus mengurus (makhluk-Nya); tidak mengantuk dan tidak tidur. Kepunyaan-Nya apa yang di langit dan di bumi. Tiada yang dapat memberi syafaat di sisi Allah tanpa izin-Nya. Allah mengetahui apa-apa yang di hadapan mereka dan di belakang mereka, dan mereka tidak mengetahui apa-apa dari ilmu Allah melainkan apa yang dikehendaki-Nya. Kursi Allah meliputi langit dan bumi. Dan Allah tidak merasa berat memelihara keduanya, dan Allah Maha Tinggi lagi Maha Besar"

Ayat Kursi adalah penamaan untuk Surat Al Baqarah : 255.

Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar