Rabu, 31 Desember 2014

Makna Dibalik Bacaan Shalat_tangan yang penuh kebaikan

TANGAN YANG PENUH DENGAN KEBAIKAN (makna dibalik bacaan shalat)

Dari Ibnu abi Aufa Radhiyallahu anhu berkata :
"Seorang lelaki Arab baduwi datang kepada Nabi dan berkata
" Wahai Rasulullah, sungguh aku tidak mampu untuk belajar AlQur'an, maka ajarkanlah kepadaku sesuatu yang mencukupiku".
Beliau bersabda :
"Ucapkanlah :Subhanallah walHamdulillahi wala illaha illaAllahu Allahu Akbar, wala haula wala Quata illa billah"
 Maha Suci Allah, segala puji bagi Allah, tiada tuhan yang berhak diibadahi dengan benar melainkan Allah, Allah Maha Besar, Tiada daya dan upaya melainkan atas izin Allah".
 (HR.Abu Dawud (832), An Nasa'ai(2/143). Ad Daruqutni(I/313-314))

Lalu orang itu mengatakan seperti itu seraya menggenggamkan kedua tangannya dan berkata
"Ini adalah untuk Allah, lalu manakah bagianku ?"
Maka Beliau(Nabi) bersabda :
"Ucapkanlah :Allahumaghfirli, warhamniy, wa afiniy, warzuqniy, wahdiniy
Ya Allah Ampunilah aku, Sayangilah aku, Berilah aku keselamatan, Karuniailah aku rezeki dan Berilah aku Hidayah/petunjuk"

Lalu orang arab Baduwi itu mengucapkannya dan menggenggam kedua tangannya, maka Nabi shalallahu alaihi wassalam bersabda :
"Adapun orang ini, sungguh dia telah memenuhi kedua tangannya dengan kebaikan". 

(SHAHIH Abu Dawud (I/157)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar