Senin, 29 Desember 2014

kitab "Da'iyah wa laisa Nabiyyan"

kitab "Da'iyah wa laisa Nabiyyan" karya syaikh hasan bin farhan almaliki yang mengkritik beberapa kitab syaikh muhammad ibn abdil wahhab yang berisi takfir atau diindikasikan demikian.
Perbahasan Pertama dalam kitab tersebut berkaitan "Penelitian Terhadap tulisan dalam Kasyf As-Syubhat karangan Muhammad Abdul Wahab".
Kemudian, kajian dilanjutkan terhadap kitab At-Tauhid karangan beliau.
Kemudian, kajian berkaitan perkataan-perkataan Muhammad Abdul Wahab dalam Ad-Durar As-Saniyyah yg di jadikan sebagai contoh.
untuk menyingkap sebagian pemikiran Takfir dalam penulisan Muhammad Abdul Wahab. buat penilaian,seseorang perlu membaca kedua-dua belah pihak, bukan satu pihak saja.
Ketiga: Masalah bid'ah...
Ini suatu salah faham yang umum di sisi pengikut Muhammad Abdul Wahab. Mereka memahami "bid'ah" dengan femahaman yang sempit lalu meluaskan penggunaannya sehingga menganggap semua yang tidak pernah dilakukan oleh Rasulullah s.a.w. dalam urusan agama (ibadah) termasuk ibadah umumiyyah adalah bid'ah.
Kitab yang dibahas antara lain kasyfusy syubuhat, kitabut tauhid dan ad durorus saniyyah.
buku Kasyfus syubhat sangat berbahaya bagi keutuhan dan persatuan umat islam.
Adalah Hasan farhan al-maliki, murid Ibn baz yang menilai pengkafiran yang dilakukan Muhammad bin abdil wahab  kepada umat islam sangat membahayakan bagi generasi muda saudi dan umat islam keseluruhan.
“cukup jika kita mengatakan bahwa sikap keras dia (Muhammad bin abdil wahab) -semoga Allah merahmati- dalam mengkafirkan (muslim) mengakibatkan bahaya yg begitu besar bagi kita dan mayoritas umat islam di dunia ini. Bukti-bukti pengkafiran syaikh sangat jelas bagi orang-orang yang Allah selamatkan dari sifat fanatik yang tak benar,,,”
“bahkan kita menyaksikan sebagian dari para fanatik syeh ini, begitu mudahnya dalam menerima doktrin-doktrin penyalahan kepada para pembesar shahabat, seperti Umar, Ali, Abi darrin ra dan orang2 semisalnya” (lihat hal.3)
Kemudian Farhan al-maliki pun menegaskan keprihatinan kumpulan risalah Muhammad bin abdil wahab “Ad-durar as-saniyah fil ajwibah an-najdiyah” yang berisi tentang bab jihad yang mencapai 2 jilid besar yang membahas memerangi umat islam, tidak ada satu katapun jihad kepada orang kafir asli. Berikut ini keterangannya:
“dan bagi orang yg membaca buku ad-durar as-saniyah, dia pasti mengetahuinya. Bahkan dalam buku ini terdapat 2 jilid besar berbicara tentang Jihad, semuanya membahas memerangi umat islam. Tak ada sepatah katapun tentang jihad terhadap orang-orang kafir, yaitu yahudi dan kristen. Padahal negri-negri muslim yang ada disekitarnya, diteluk, irak, syam terdapat orang kafir asli yang sedang menjajah umat islam…” (hal.96).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar