Jumat, 28 November 2014

Kitab Minhajul Arifin Tentang Etika Bersujud

ETIKA BERSUJUD
Dinukil dari kitab Minhajul Arifin karya Imam Ghozzali

السجود
و اسجد لله سجود عبد متواضع علم أنه خلق من تراب يطؤه جميع الخلق و أنه ركب من نطفة يستقذرها كل أحد , فإذا فكر في أصله و تأمل تركيب جوهره من ماء و طين ازداد لله تواضعا , و يقول في نفسه : ويحك لم رفعت رأسك من سجودك لِمَ لَم تمت بين يديه و قد جعل الله السجود سبب القرب إليه

Sujud
Hendaklah kamu bersujud kepada Allah seperti sujudnya seorang hamba yg Tawadhu', yg mengetahui bahwa dia diciptakan dari tanah yg di injak2 seluruh makhluk , dan bahwa sanya dia tersusun dari air mani yg di anggap kotor oleh setiap orang. Apabila dia memikirkan asal usulnya dan memperhatikan susunan substansinya yg terdiri dari air dan tanah maka akan bertambahlah kerendahan hatinya kepada Allah.
dia berkata kpd dirinya sendiri : " celakalah kamu, mengapa kamu mengangkat kepalamu dari sujudmu ? mengapa kamu tidak mati saja di hadapanya ? padahal Allah telah menjadikan sujud itu sebagai wahana bertaqorrub kepada-Nya ? "

فقال تعالى : { و اسجد و اقترب } , فمن اقترب منه بعد من كل شيء سواه , و احفظ صفة سجودك في هذه الآية : { منها خلقناكم و فيها نعيدكم و منها نخرجكم تارة أخرى } . و استغن بالله عن غيره فإنه روى عن النبي ( صلي الله عليه و سلم ) أنه قال : " قال الله تبارك و تعالى : لا أطلع على القلب عبد فأعلم منه حب العمل بطاعتي إلا توليت تقويمه و سياسته " .

Allah ta'ala berfirman yg artinya :
" sujudlah dan dekatkanlah (dirimu kpd Tuhan) "
( QS 96:19)
Barang siapa yg dekat kepada-Nya maka dia akan jauh dari setiap sesuatu selain-Nya . Dan Hendaklah kamu jaga sifat sujudmu di dalam ayat ini :
" dari bumi (tanah) itulah Kami menjadikan kalian, kepadanya Kami akan mengembalikan kalian dan darinya pula Kami akan mengeluarkan kalian pada kali yg lain " ( QS 20: 55)
Hendaklah kamu memohon pertolongan Allah sebab telah diriwayatkan dari Nabi shollallohu alaihi wasallam bahwa beliau bersabda :
" Allah ta'ala berfirman, Tidaklah Aku memperhatikan kalbu seorang hamba lalu aku mengetahui kecintaanya utk beramal dalam upaya menaati-Ku, melainkan Aku akan urusi kelurusan dan pengaturannya."

Wallohu a'lam.

منهاج العارفين
حجة السلام الغزالي

اَللّٰهُمَّ أَحْيِنَا مِسْكِِيْنًا، وَأَمِتْنَا مِسْكِيْنًَا وَاحْشُرْنَا فِيْ زُمْرَةِ الْمَسَاكِيْنِ

Ya Allah, hidupkanlah kami dalam keadaan Tawadhu' dan khusyu', dan matikanlah kami dalam keadaan Tawadhu' dan khusyu' , dan kumpulkanlah kami (pada hari kiamat) dalam rombongan orang-orang yg Tawadhu' dan khusyu' ...

Aamiin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar