Rabu, 24 September 2014

Shahih Sunan Tirmidzi Tentang Tanda tanda Kiamat

Shahih Sunan Tirmdizi : " 34. Tanda-Tanda Hari Kiamat "

2205. Mahmud bin Ghailan menceritakan kepada kami, An-Nadhr bin Syumail menceritakan kepada kami. dari Syu'bah, dari Qatadah, dari Anas bin Malik, ia berkata, "Aku akan memberitahukan kepada kalian sebuah hadits yang kudengar dari Rasulullah, di mana tidak ada seorang pun yang memberitahukan kepada kalian sepeninggalku". Ia mendengar nya dari Rasulullah SAW, ia berkata, beiiau bersabda, 'Sesungguhnya di antara tanda-tanda hari kiamat adalah; ilmu akan diangkat, kebodohan semakin tampak, perzinaan merajalela, khamer diminum, wanita semakin banyak, kaum pria semakin sedikit, hingga lima puluh wanita memiliki satu orang laki-laki yang menjadi penopang". Shahih: Muttafaq alaih

Abu Isa berkata, "Pada bab ini terdapat riwayat lain dari Abu Musa dan Abu Hurairah". Hadits tersebut hasan shahih.

" 31. Pembunuhan dan Ibadah "

2200. Hannad menceritakan kepada kami, Abu Muawiyah menceritakan kepada kami, dari AI A'masy, dari Syaqiq bin Salamah, dari Abu Musa, ia berkata, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya di belakang kalian kelak ada hari di mana ilmu diangkat dan banyak terjadi haraj." Orang-orang bertanya, "Wahai Rasuiullah, apa yang dimaksud haraj itu?" Beliau menjawab, "Pembunuhan ". Shahih: Shahih Al Jami' (2229).

Abu Isa berkata, "Pada bab ini terdapat riwayat lain dari Abu Hurairah, Khalid bin Walid, dan Ma'qil bin Yasar". Hadits tersebut shahih.

2201. Qutaibah menceritakan kepada kami. Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami, dari Al Mu'alla bin Ziyad, dinisbatkan kepada Muawiyah bin Qurrah, dinisbatkan kepada Ma'qil bin Yasar. dinisbatkan kepada Rasulullah, beliau bersabda, "Beribadah pada saat terjadi fitnah pembunuhan seperti sedang berhijrah kepadaku". Shahih: Ibnu Majah (3985) Muslim.

Abu Isa berkata, "Hadits ini shahih gharib, kami mengetahuinya hanya dari hadits Hammad bin Zaid, dari Al Mu'alla".

" 14. Tiga Permintaan Rasulullah untuk Umatnya "

2175. Diriwayatkan dari Muhammad bin Basysyar, dari Wahab bin Jarir, dari ayahku. Aku mendengar An-Nu'man bin Rasyid menuturkan sebuah hadits dari Az-Zuhri, dari Abdullah bin Harits, dari Abdullah bin Khabbab Al Arat, dari bapaknya, dia berkata: Rasuiullah pernah melakukan suatu shalat. Lalu beliau memanjangkan waktunya (sangat lama). Orang-orang pun bertanya, "Wahai Rasulullah, engkau melakukan suatu shalat yang belum pernah engkau lakukan?" Beliau menjawab, "Ya, shalat ini adalah shalat yang penuh harapan dan kecemasan. Di dalam shalat ini aku memohonkan tiga perkara kepada Allah, akan tetapi Dia mengabulkan dua dan tidak mengahulkan yang satu. Aku mohon agar Dia tidak membinasakan umatku dengan kekeringan (paceklik), Dia pun mengabulkannya. Aku mohon kepada-Nya agar mereka tidak dipimpin oleh golongan musuh yang bukan dari golongan mereka sendiri, Dia pun mengabulkannya. Lalu, aku mohon kepada-Nya agar sebagian dari umatku tidak merasakan siksaan (membunuh) sebagian yang lain, namun Dia tidak mengabulkannya ". Shahih: Shifat Ash-Shalat.

Abu Isa berkata. "Hadits ini hasan shahih gharib ". Ada riwayat lain pada bab ini yang berasal dari Sa'ad dan Ibnu Umar.

2176. Qutaibah menceritakan kepada kami, Hammad bin Zaid menceritakan kepada kami, dari Ayub, dari Abu Qilabah, dari Abu Asma' Ar-Rahabi, dari Tsauban, ia berkata, Rasulullah bersabda, "Sesungguhnya Allah pernah metnbentangkan (memperlihatkan) kepadaku bumi ini hingga aku dapat melihat bagian timur dan barat (bumi ini). Sesungguhnya umatku akan dapat mencapai kerajaan (bumi) yang dibentangkan kepadaku sebagiannya. Aku sendiri dianugerahkan dua perbendaharaan, yang merah danputih. Aku telah memohon kepada Rabb-ku untuk umatku agar mereka tidak dibinasakan dengan kekeringan (paceklik), tidak dipimpin oleh seorang musuh selain oleh orang dari golongan mereka sendiri. Karena, ia (musuh yang menjadi pimpinan) akan menghancurkan persatuan mereka. Sesungguhnya Rabb-ku berfirman, 'Wahai Muhammad, jika aku telah menetapkan suatu ketetapan, maka tidak akan ada yang dapat menolaknya. Akujelah menganugerahkan kepadamu untuk tidak membinasakan umatmu dengan kekeringan selama setahun dan tidak akan membiarkan seorang musuh memimpin mereka selain dari golongan mereka sendiri, karena musuh itu akan merusak persatuan mereka (umatmu). (Aku tidak akan membiarkan mereka menghancurkan umat Islam) meski mereka bersatu dari segala penjuru, hingga sebagian dari mereka membinasakan dan menawan yang lain'. " Shahih: Ibnu Majah (3952); Muslim.
Abu Isa berkata, "Hadits ini adalah hasan shahih ".

" 28. Larangan Kembali Kafir Hingga Sebagian Membunuh Sebagian yang Lain "

2193. Abu Hafsh Amr bin Ali menceritakan kepada kami. Yahya bin Sa'id menceritakan kepada kami, Fudhail bin Ghazwan menceritakan kepada kami, Ikrimah menceritakan kepada kami, dari Ibnu Abbas, ia berkata, Rasulullah bersabda, "Janganlah kalian kembali —menyerupai— orang kafir —dalam amal perbuatan— sepeninggalku nanti, sebagian dari kamu membunuh sebagian yang lain (seperti orang kafir melakukannya). " Shahih: Ibnu Majah (3942,3943); Muttafaq alaih.

Abu Isa berkata, "Pada bab ini terdapat riwayat lain dari Abduilah bin Mas'ud, Jarir, Ibnu Umar, Kurz bin Alqamah, Watsilah, Ash-Shunabihi". Hadits tersebut hasan shahih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar