Minggu, 28 September 2014

Hadis Tentang Seseorang itu Bersama Orang Yang Dicintainya

"Seseorang itu bersama orang yang dicintai"

Hadis riwayat Anas bin Malik ra.: Bahwa seorang Arab badui bertanya kepada Rasulullah saw.: Kapankah kiamat itu tiba? Rasulullah saw. bersabda: Apa yang telah kamu persiapkan untuk menghadapinya? Lelaki itu menjawab: Cinta Allah dan Rasul-Nya. Rasulullah saw. bersabda: Kamu akan bersama orang yang kamu cintai. (Shahih Muslim No.4775)

Hadis riwayat Abdullah bin Masud ra., ia berkata: Seorang lelaki datang kepada Rasulullah saw. dan berkata: Wahai Rasulullah, bagaimana pendapatmu tentang seseorang yang mencintai suatu kaum namun dia belum dapat bertemu dengan mereka? Rasulullah saw. menjawab: Seorang akan bersama orang yang dicintai. (Shahih Muslim No.4779)


Dari Anas ra. mengatakan bahwa seseorang berada di sisi Rasulullah saw, lalu salah seorang sahabat melewatinya. Orang yang berada di sisi Rasulullah saw tersebut mengatakan: "Aku mencintai dia, ya Rasulullah" Lalu Rasulullah saw bersabda : "Apakah kamu sudah memberitahukan dia?" Orang itu menjawab : "Belum" Kemudian Rasulullah saw bersabda "Beritahukan kepadanya" Lalu orang tersebut memberitahukann ya dan berkata : "Sesungguhnya aku mencintaimu karena Allah" Kemudian orang yang dicintai itu menjawab: "Semoga Allah mencintaimu karena engkau mencintaiku karena-Nya" (HR. Abu Dawud)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar