Minggu, 28 September 2014

Hadis Shahih Abu Daud Tentang Kitab Sholat

Shahih Sunan Abu Daud :- Kitab Sholat -

" 207. Keutamaan Hari Jum'at dan Malamnya "

1046. Dari Abu Hurairah RA, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Sebaik-baik hari di mana matahari terbit adalah hari Jum'at. Pada hari itu Adam AS diciptakan, pada hari itu ia diturunkan dari surga, pada hari itu pula ia diterima taubatnya, pada hari itu ia wafat, pada hari itu Kiamat akan terjadi dan tidak ada seekor binatang pun yang bersuara (berbunyi) pada hari Jum'at, sejak Shubuh sampai terbit matahari melainkan karena merasa takut akan hari kiamat kecuali manusia dan jin. Dan pada hari Jum'at ada suatu saat yang tidak bertepatan seorang Muslim dengan saat itu di mana ia sedang mengerjakan shalat sambil memohon sesuatu kepada Allah, melainkan pasti dikabulkannya. "

Kata Ka'ab, "Apakah yang demikian itu, sehari dalam tiap tahun?" Maka aku berkata, "(Tidak) tetapi setiap hari Jum 'at. " Katanya, "Ka'ab membaca Taurat lalu berkata, "Benar Rasulullah SAW. Abu Hurairah berkata, "Kemudian aku menemui Abdullah bin Salam, lalu aku sampaikan kepadanya tentang pembicaraanku bersama Ka'ab itu." Abdullah bin salam berkata, "Sungguh aku tahu saat yang manakah itu? " Kata Abu Hurairah, 'Aku berkata kepadanya, 'Beritahukanlah kepadaku saat itu.'" Abdullah bin Salam berkata, "Saat itu adalah saat akhir pada hari Jum'at. "Aku berkata, "Bagaimana saat itu bisa terjadi pada akhir hari Jum'at, sedangkan Rasululllah SAW bersabda, "... seorang hamba muslim shalat bertepatan saat itu ..., sementara saat itu bukan waktunya dilaksanakan shalat?. " Maka Abdullah bin Salam berkata, "Bukankah Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa yang duduk di suatu tempat sambil menunggu shalat, maka orang itu (dianggap) dalam shalat, sampai dia mengerjakan shalat itu.'"Katanya, "Maka aku berkata, "Betul. "Kata Abdullah, "Itulah dia. "(Shahih).

1047. Dari Aus bin Aus, ia berkata, "Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya di antara hari-harimu yang paling utama adalah hari Jum'at. Pada hari itulah Adam diciptakan dan pada hari itu pula dicabut ruhnya, serta pada hari itu pula ditiup sangkakala, dan dimatikan semua manusia. Karena itu perbanyaklah membaca shalawat atasku pada hari itu, karena bacaanmu itu akan disampaikan kepadaku. "Kata Aus, "Para sahabat bertanya, 'Ya Rasulullah, Bagaimana caranya bacaan shalawat itu disampaikan kepada Anda, padahal waktu itu jasad anda telah hancur luluh?' Beliau bersabda, 'Sesungguhnya Allah Azzawa Jalla telah mengharamkan bumi untuk memakan jasad para Nabi. " (Shahih).

" 210. Ancaman Meninggalkan Jum'at "

1052. Dari Abu Ja'ad Adh-Dhamri RA, dia adalah seorang sahabat, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Barangsiapa yang meninggalkan Jum'at tiga kali karena menganggap enteng, maka Allah akan menutup hatinya. " {Hasan Shahih)

" 220. Mengadakan Pertemuan Pada Hari Jum'at Sebelum Menunaikan Shalat "

1079. Dari Abdullah bin Amr bin Ash RA, bahwasanya Rasulullah SAW telah melarang aktivitas jual beli di masjid, mencari barang yang hilang, membacakan untaian syair. Beliau juga melarang mengadakan pertemuan sebelum shalat pada hari Jum 'at. " (Hasan)

" 231. Mempersingkat Khutbah "

1106. Dari Ammar bin Yasir RA, ia berkata, "Rasulullah SAW pernah memerintahkan kepada kami supaya mempersingkat khutbah. " (Shahih)

1107. Dari Jabir bin Samurah As-Suwai RA, dia berkata, "Rasulullah SAW biasanya tidak memanjangkan nasihatnya pada hari Jum'at. Beliau hanya memberikan nasihat secara singkat. " {Hasan)

" 235. Berbicara Ketika Imam Sedang Berkhutbah "

1112. Dari Abu Hurairah RA, bahwasanya Rasulullah SAW bersabda, "Apabila kamu berkata, 'Diamlah!' sedangkan imam tengah berkhutbah, maka sungguh sia-sia Jum 'at kamu. " (Shahih: Muttafaq Alaih)

1113. Dari Abdullah bin Amr RA, dari Nabi SAW, beliau bersabda, 'Ada tiga golongan yang menghadiri Jum'at, yaitu, seseorang menghadiri Jum'at sambil berbicara. Maka berbicara itulah yang menjadi bagiannya dari Jum'at itu. Seseorang menghadiri Jum'at sedang dia selalu memanjatkan doa (saat khutbah). Maka dia seorang yang berdoa kepada Allah Azza wa Jalla, kalau Allah kehendaki, doanya dikabulkan, atau Allah akan menolaknya. Dan seseorang yang menghadiri Jum'at dengan diam dan tenang (saat imam sedang khutbah), tidak melangkahi pundak orang lain dan tidak menyakiti seseorang, maka Jum'atnya itu menjadi penebus dosanya sampai Jum 'at berikutnya ditambah tiga hari. Yang demikian itu sesuai firman Allah Azza wa Jalla, 'Barangsiapa yang melakukan kebaikan, maka baginya sepuluh kali lipat.'" {Hasan)

" 236. Orang yang Berhadats Minta Izin Kepada Imam "

1114. Dari Aisyah RA, ia berkata, "Nabi SAW bersabda, Apabila salah seorang di antara kalian berhadats dalam shalatnya, maka hendaklah dia memegang hidungnya, lalu dia pergi keluar.' "{Shahih)

" 237. Seseorang Masuk Masjid Ketika Imam Sedang Khutbah "

1115. Dari Jabir RA, bahwasanya ada seorang laki-laki yang datang sewaktu Nabi SAW sedang berkhutbah. Beliau bersabda, "Apakah anda sudah shalat wahai fulan?" Jawabnya, "Belum" Beliau bersabda, "Berdirilah, lalu kerjakanlah shalat (sunah tahiyyatul masjid)!" {Shahih: Muttafaq Alaih)

1116. Dari Jabir RA, dan Abu Hurairah RA, keduanya berkata, "Sulaik Al Ghathafani pernah datang, sedangkan Rasulullah SAW tengah berkhutbah. Beliau bersabda kepadanya, 'Apakah kamu sudah shalat?'" Jawabnya, 'Belum. " Beliau bersabda, "Shalatlah dua rakaat! Dan singkatlah kedua rakaatnya. " {Shahih: Muslim)

1117. Dari Jabir bin Abdullah RA, bahwasanya Sulaik datang, ... selanjutnya ia menyebutkan seperti Hadits tersebut, ia menambahkan, "... kemudian beliau SAW menghadap kepada para jama'ah seraya bersabda, 'Apabila salah seorang di antara kalian datang, dan imam sedang khutbah, maka shalatlah dua rakaat yang dipersingkat kedua rakaatnya.'" {Shahih: Muslim)

" 238. Melangkahi Pundak Orang pada Hari Jum'at "

1118. Dari Abu Zahiriyah, dia berkata, "Pada hari Jum'at, kami pernah bersama Abdullah bin Busr, sahabat Nabi SAW. Lalu datang seorang laki-laki melangkahi pundak orang banyak. Abdullah bin Busr berkata, 'Pernah datang seorang laki-laki melangkahi pundak orang banyak pada hari Jum'at, sementara Nabi SAW sedang khutbah. Maka Nabi SAW bersabda kepadanya, "Duduklah, kamu benar-benar telah mengganggu orang lain. '""{Shahih)

" Mengantuk Sewaktu Imam Sedang Khutbah "

1119. Dari Ibnu Umar RA. dia berkata, "Saya pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Apabila salah seorang dari kamu mengantuk, sedang dia berada dalam masjid, maka hendaklah dia pindah dari tempat duduknya itu ketempat lain. " (Shahih)

" 241. Orang yang Mendapatkan Satu Rakaat Jum'at "

1121. Dari Abu Hurairah RA, dia berkata, 'Rasulullah SAW bersabda, 'Barangsiapa yang mendapatkan satu rakaat shalat, maka berarti dia telah mendapatkan shalat itu.'" (Shahih: Muttafaq Alaih)

" 242. Bacaan Shalat Jum'at "

1122. Dari Nu'man bin Basyir RA, bahwasanya Rasulullah SAW dalam shalat dua hari raya dan hari Jum'at, biasa membaca "Sabbihisma rabbikal a'la," dan "Hal ataaka hadiitsulghasyiyah." Kata Nu'man, "Terkadang keduanya pada satu hari, maka beliau juga membaca kedua surah itu. " (Shahih: Muttafaq Alaih)

1123, Dari Ubaidillah bin Ubaidillah bin Utbah, bahwasanya Dhahhak bin Qais pernah bertanya kepada Nu'man bin Basyir, "Surah apakah yang biasa dibaca oleh Rasulullah SAW pada hari Jum'at setelah surat Al Jum'ah?" Nu 'man berkata, "Beliau biasa membaca surat 'Hal ataaka hadiitsulghasyiah.'" (Shahih: Muslim)

1124. Dari Ibnu Abi Rafi', dia berkata, 'Abu Hurairah RA pernah mengerjakan shalat bersama kami pada hari Jum'at. Beliau membaca surah Al Jum'ah. Pada rakaat terakhir (kedua) membaca surah 'Idzaa ja'akal munaafiquun,' Katanya, 'Aku menemui Abu Hurairah setelah selesai shalat, lalu aku berkata kepada beliau, "Sesungguhnya engkau membaca dua surah ini, yang juga biasa dibaca oleh Ali RA di Kufah. '" Kata Abu Hurairah, 'Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah SAW membaca keduanya pada hari Jum 'at. '"{Shahih: Muslim)

1125. Dari Samurah bin Jundub RA, bahwasanya Rasulullah SAW pada shalat Jum'at biasa membaca surah "Sabbihisma rabbikalalaa" dan "Halataaka hadiitsulghasyiyah. "(Shahih)

" 243. Bermakmum Kepada Imam yang Terhalang Oleh Tembok "

1126. Dari Aisyah RA, dia berkata, "Rasulullah SAW pernah melakukan shalat di kamar beliau, sementara orang banyak bermakmum kepada beliau di balik kamar. " (Shahih: Bukhari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar