Sabtu, 08 November 2014

Tentang Islam, Iman dan Ihsan

Tentang Islam, Iman dan Ihsan
1. Dari Abi Abdurrahman Abdillah bin Umar bin Khattab ra.berkata: Aku telah mendengar Rasulullah saw bersabda: “Bangunan Islam itu atas lima perkara Mengakui bahwa tiada Tuhan melainkan Allah dan sesungguhnya Muhammad itu Utusan Allah, Mendirikan Shalat, Mengeluarkan Zakat, Mengerjakan Haji ke Baitullah dan Puasa bulan Ramadhan.”(HR Bukhari – Muslim)
2. Iman terbagi dua, separo dalam sabar dan separo dalam syukur. (HR. Al-Baihaqi)
3. Iman paling afdol ialah apabila kamu mengetahui bahwaAllah selalu menyertaimu dimanapun kamu berada. (HR. Ath Thobari)
4. Sufyan bin Abdullah berkata,”Ya Rasulullah, terangkankepadaku tentang Islam. Aku tidak akan bertanya lagi kepada orang lain.” Lalu Rasulullah Saw menjawab, “Ikrarkanlah (katakan): Aku beriman kepada Allah, kemudian berlakulah jujur (istiqomah).” (HR. Muslim)
5. Peliharalah (perintah dan larangan) Allah, niscaya kamuakan selalu merasakan kehadiran-Nya. Kenalilah Allah waktu kamu senang, niscayaAllah akan mengenalimu waktu kamu dalam kesulitan. Ketahuilah, apa yang luputdari kamu adalah sesuatu yang pasti tidak mengenaimu dan apa yang akanmengenaimu pasti tidak akan meleset dari kamu. Kemenangan (keberhasilan) hanyadapat dicapai dengan kesabaran. Kelonggaran bersamaan dengan kesusahan dandatangnya kesulitan bersamaan dengan kemudahan. (HR. Tirmidzi)
6. Sesungguhnya bermula datangnya Islam dianggap asing(aneh) dan akan datang kembali asing. Namun berbahagialah orang-orang asingitu. Para sahabat bertanya kepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah, apa yangdimaksud orang asing (aneh) itu?” Lalu Rasulullah menjawab, “Orang yangmelakukan kebaikan-kebaikan di saat orang-orang melakukan pengrusakan.” (HR.Muslim)
7. Umat terdahulu selamat (jaya) karena teguhnya keyakinandan zuhud. Dan umat terakhir kelak akan binasa karena kekikiran (harta danjiwa) dan cita-cita kosong.” (HR Ibnu Abi Ad-Dunia)
8. Tiga perkara berasal dari iman: (1) Tidak mengkafirkanorang yang mengucapkan “Laailaaha illallah” karena suatu dosa yang dilakukannyaatau mengeluarkannya dari Islam karena sesuatu perbuatan; (2) Jihad akan terusberlangsung semenjak Allah mengutusku sampai pada saat yang terakhir dari umatini memerangi Dajjal tidak dapat dirubah oleh kezaliman seorang zalim ataukeadilan seorang yang adil; (3) Beriman kepada takdir-takdir. (HR. Abu Dawud)
9. Pokok segala urusan ialah Al Islam dan tiangnya adalahshalat, dan puncaknya (atapnya) adalah berjihad. (HR. Tirmidzi)
10. Tiada lurus iman seorang hamba sehingga lurus hatinya,dan tiada lurus hatinya sehingga lurus lidahnya. (HR. Ahmad)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar