Sabtu, 08 November 2014

QIYAMUL LAIL/TAHAJUD : Manfaatnya

Jangan Bersedih, Shalat Tahajud Dapat Menghindari Penyakit dari Badan*

Firman Allah SWT :"Dan pada sebagian malam bertahajudlah kamu sebagai ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS. Al-Isra' : 79)

"Dan pada sebagian malam maka bertahajudlah kepada-Nya dan bertasbihlah kepada-Nya pada bagian malam yang panjang." (QS. Al-Insan : 26)

Sabda Rasulullah SAW : "Kerjakanlah shalat malam sebab hal itu merupakan kebiasaan orang-orang saleh sebelummu dan suatu jalan untuk mendekatkan diri kepada Tuhan, serta sebagai penebus keburukan-keburukanmu, pencegah dosa dan dapat menghalau penyakit dari badan." (HR Tirmidzi dan Ahmad)

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, berikanlah makanan kepada orang-orang yang lapar, hubungilah sanak saudara dan shalatlah malam hari di kala manusia sedang tidur supaya kamu memasuki surga dengan kesejahteraan." (HR Ibnu Majah dan Hakim)

Firman Allah SWT :"Lambung mereka jauh dari tempat tidurnya, sedang mereka berdoa kepada Tuhannya dengan rasa takut dan harap." (QS. As-Sajdah : 16)

Dari Ibnu Mas'ud berkata bahwa Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya Allah tersenyum kepada dua orang. Pertama, orang yang bangun pada malam hari yang dingin dengan meninggalkan tempat tidur dan selimutnya, lalu berwudlu dan shalat. Allah SWT bertanya kepada para malaikat, Apa yang mendorong hambaku melakukan hal itu ? 

Para malaikat menjawab, Tuhan, dia mengharapkan anugerah-Mu dan takut pada siksa-Mu. Allah berfirman, Aku pasti akan memberikan apa yang dia harapkan dan memberinya rasa aman dari yang dia takutkan ..." (HR Ahmad, Abu Ya'la, Tabrani, Ibn Hibban)

Dari Jabir ra, dia berkata aku pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda, "Sesungguhnya pada waktu malam terdapat waktu yang bila seseorang mendapati waktu tersebut dengan berdoa memohon kepada Allah suatu kebaikan, baik perkara dunia maupun akhirat, niscaya Allah akan mengabulkan permohonannya dan hal demikian terjadi setiap malam." (HR Tirmidzi, Nasa'i)

Dari Abu Hurairah, Rasulullah bersabda, "Ketika tersisa sepertiga malam terakhir, Allah SWT berfirman, Siapa yang berdoa kepada-Ku, niscaya Aku akan kabulkan permintaannya. Siapa yang meminta kepada-Ku, niscaya Aku akan memberinya. Siapa yang minta ampun kepada-Ku, niscaya Aku akan mengampuninya." (HR Bukhari dan Muslim)


Manfaat shalat untuk terapi berfikir positif
Ada yangmengatakan bahwa meditasi akan membangun pikiran positif kita. Sudah banyakorang yang membahas kehebatan dari meditasi. Apakah shalat meditasinya umatIslam? Tidak, shalat adalah ibadah yang diperintahkan Allah, namun jikadibandingkan dengan meditasi, shalat memiliki salah satu manfaat sepertimanfaat meditasi yang memberikan ketenangan dan rasa damai kepada pelakunya.Kita sudah bahas bagaimana shalat membuat Rasulullah saw dan semua yang melakukannyaakan mendapatkan kedamaian jika khusyu’.
Ketenangan dankedamaian akan menjadikan kita memiliki pikiran yang jernih, sehingga pikirankita akan selalu positif, kritis, dan kreatif. Bayangkan, kita melakukannyaminimal 5 kali dalam sehari. Jika ditambah shalat sunah rawatib, dhuha, dantahajud, maka bisa kita bayangkan bagaimana kekuatan manfaat (baru sebagian)dari shalat yang khusyu’.
Selainketenangan dan kedamaian yang menjadikan kita berpikir jernih, shalat juga akanmenjadikan diri kita optimis. Kenapa tidak? Allah akan menolong kita. Sebesarapa pun impian kita, semuanya kecil bagi Allah. Sehingga tidak ada lagi alasanuntuk menjadi pesimis jika kita yakin Allah akan menolong kita.
Belum lagi jikakita membaca hadits qudsi diatas dimana Allah mengatakan bahwa saat kitaberdo’a, bagi kita apa yang kita minta. Ini juga akan menambah optimisme kepadakita, bahwa do’a kita memang akan dikabulkan oleh Allah. Jika do’a akan dikabulkanoleh Allah, maka secara otomatis kita akan optimis menyambut do’a kita.
Meski kita belummengetahui solusi dari masalah yang sedang kita hadapi. Meski kita masihbingung bagaimana cara kita menggapai impian terliar kita, tapi kita yakinbahwa Allah akan menunjukan jalan keluar dan memberi solusi dari jalan yangtidak terpikirkan oleh kita. Oleh karena itu, kita akan selalu berpikirpositif. Kita yakin, bukan tidak ada solusi atau cara, kita hanya belummenemukannya.
Jika kitabelajar ilmu sukses, berpikir positif, atau optimisme adalah setengah darikeberhasilan kita. Meski belum tentu berhasil, jika kita yakin, peluangnya 50%.Jika Anda tidak yakin, jelas peluangnya akan jauh berkurang, bahkanketidakyakinan Anda sampai menjadikan Anda berhenti, maka peluangkeberhasilannya menjadi 0%.
Jika Anda sudahoptimis, memiliki keyakinan 100%, artinya keberhasilan sudah digenggam setengahnya. Ikhtiar Anda akan jauh lebih mudah karenatinggal menyelesaikan 50% sisanya. Bahkan, jika keyakinan ditambahkan dengansikap-sikap positif lainnya, akan menjadikan peluang keberhasilan kita menjadi85%. Sikap positif adalah 85% faktor keberhasilan, sisanya adalah masalahteknis.
Ini memang hanyaangka, meski angka ini diambil dari data empiris (pengalaman/riset). Namunbukan angka yang perlu kita perhatikan, tetapi berpikir positif akan menjadikanusaha kita semakin mudah. Pikiran positif akan membuka jalan menuju apa yangkita cita-citakan, untuk mendapai tujuan Anda tetap diperlukan ikhtiar, tetapilebih mudah karena jalannya sudah terbuka.
Jika kitamendirikan shalat dengan khusyu’ maka pembentukan pikiran positif akan sangatcepat dan sangat kuat. Belum lagi, dengan pengulangan minimal 5 kali sehari,akan menjadikan pikiran positif begitu tertanam dengan kuat ke dalam pikirankita.
Tidak ada konseppengembangan diri yang lebih hebat dari kombinasi khusyu’ dan pengulangan yangintens. Ini akan memberikan dampak yang luar biasa bagi pelakunya. Pengulangansaja tanpa kesadaran dan kehadiran tidak akan ada gunanya, karena apa yang kitaucapkan tidak akan pernah masuk ke dalam pikiran kita. Kesadaran dan kehadirankita pun tidak akan memberikan bekas tanpa pengulangan yang inten.

MANFA’AT DAN KEUTAMAAN SHALAT TAHAJUD.
Shalat Tahajud adalah shalat sunnah yang dikerjakan padamalam hari sesudah mengerjakan shalat Isya sampai terbitnya fajar dan sesudahbangun dari tidur, meskipun itu hanya sebentar.
Salat tahajjudtermasuk shalatsunnat mu’akad (salat yang sangat dianjurkan) dikerjakan sedikitnyadua rakaat dan sebanyak-banyaknya tidak terbatas. Dikerjakan setiap dua rakaat.
Dapat dilakukankapanpun pada malam hari namun waktu yang paling utama untuk melakukannyaadalah pada sepertiga akhir malam.
Shalat Tahajud adalah shalat yang diwajibkan kepada NabiSAW sebelum turun perintah shalat wajib lima waktu.
“Dan pada sebagian malamhari bersalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu.Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji“ (QS. 17 Al-Isra :79 )
|
Shalat khususnya tahajjud ternyata tidak hanya membuat pelakunya mendapatkan tempat istimewa dihadapan Sang Pencipta Alam ini, melainkan juga meningkatkan kekebalan tubuh danmengusir penyakit.
Semua apa yangtelah dijelaskan didalam al quran untuk kita jalankan dalam kehidupan sehari –hari yang mana pada saat ini kita anggap sebagai tanggung jawab, atau kewajiban, memiliki pengaruh positif terutama buat hidup kita sendiri.
Kepatuhan-kepatuhankita terhadap ritual keagamaan seperti shalat serta bentuk ritual lainnya memilikipengaruh bagi meningkatnya sistem kekebalan tubuh kita.Serta gangguan daripenyakit baik yang menyerang diri kita secara langsung maupun tidak langsung.terdapat seribu satu hikmah didalam setiap apa yang telah disyariatkan untukdilaksanakan.
Diantara manfaatdan atau keistimewaan shalat tahajud adalah Salat tahajjud merupakan kehormatanbagi seorang muslim, sebab :Mendatangkan kesehatan, Menghapus dosa-dosa yang dilakukan siang hari,
Menghindarkannya dari kesepian dialam kubur, Mengharumkanbau tubuh, Menjaminkan baginya kebutuhan hidup, Dan juga menjadi hiasan surga, Selainitu, salat tahajjud dapat memberikan manfaat, yaitu keselamatan dan kesenangandi dunia dan akhirat, Manfaatdari shalat tahajjud yang lainnya adalah wajah orang yang sering melakukanshalat tahajjud akan memancarkan cahaya keimanan, akan dipelihara oleh Allahdari segala macam marabahaya, setiap perkataannya mengandung arti dan diturutioleh orang lain.
Akan mendapatkanperhatian dan kecintaan dari orang-orang yang mengenalinya, dimudahkanhisabnya, berjalan diatas shirat bagaikan kilat.

Allah swt Berfirman :“Dan pada sebagian malam hari bersalat tahajudlahkamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmuketempat yang terpuji” (Q.S. Al Israa’ : 79 )
Ada kata kunciyang menarik untuk dicermati dalam Firman Allah swt yang berupaperintah di atas, yang mana kata itu memiliki hubungan sebab akibat yang sangatjelas yakni bersembahyang tahajjud dan tempat terpuji.
Tempat yangterpuji adalah akibat atau konsekuensi dari sebuah sebab yaitu sembahyangtahajjud.
Oleh karena itu bagi mereka yang mendambakan tempat yang terpuji, tempat yang mulia baik disisi Allaah ataupun di mata manusia maka satu kunci rahasianya.
|
Ketika menerangkan salat tahajjud, Nabi Muhammad SAW bersabda, Salat tahajjud adalah
sarana (meraih) keridhaan Tuhan, Kecintaan para malaikat,
Sunah para nabi, Cahaya pengetahuan, Pokok keimanan,
Istirahat untuk tubuh, Kebencian para setan,
Senjata untuk (melawan) musuh, (sarana) terkabulnya doa,
(sarana) diterimanya amal,
Keberkatan bagi rezeki,
Pemberi syafaat di antara yang melaksanakannya dan di antara malaikat maut,
Cahaya di kuburan (pelaksananya),
Ranjang dari bawah sisi (pelaksananya),
Menjadi jawaban bagi Munkar dan Nakir,
Teman dan penjenguk di kubur(pelaksananya) hingga hari kiamat,
Ketika di hari kiamat salat tahajud itu akanmenjadi pelindung di atas (pelaksananya),
Mahkota di kepalanya, Busana bagitubuhnya,
Cahaya yang menyebar didepannya,
Penghalang di antaranya dan neraka,
Hujah (dalil) bagi mukmin dihadapan Allah SWT,
Pemberat bagi timbangan,
Izin untuk melewati Shirath al-Mustaqim,
Kunci surga…
Hadits terkaitsalat tahajjud:Perintah Allah turun ke langit dunia di waktutinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdo’a), pastiakan Kukabul kan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakahyang mengharap/ memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Shubuh. (Al Hadits)/
Islam itu indah
|
Ketenangan Bagi Hamba Yang Melakukan Shalat Tahajud
“Sesungguhnya Allah akan mempercepat terwujudnyaharapan dan memberi rasa aman kepada hambanya yang melaksanakan shalat malam.”(HR. Ahmad)

Ketenangan iniakan menjadikan diri kita fokus. Karena tidak ada yang kita khawatirkan didunia ini, maka setiap aktivitas akan dilakukan dengan fokus. Dan kita sudahmengetahuinya, setiap tindakan atau aktivitas yang kita lakukan dengan fokusakan memberikan hasil yang terbaik. Kita akan menjadi juara dalam bidang apapun, dalam karir, dalam bisnis, dalam kehidupan sosial, dalam dakwah, dan aspekkehidupan lainnya.
Kekhawatiran danketakutan bisa mengikis energi kita, sehingga kita tidak akan pernah bisabekerja secara optimal. Orang yang rajin tahajud akan mendapatkan rasa aman,sehingga energinya tidak perlu terkikis oleh kekhawatiran dan ketakutan itu,tetapi fokus hanya untuk beribadah, termasuk didalamnya dalam menjemput rezeki.
Banyak orangkesulitan untuk fokus karena begitu banyak hal yang ditakutkan dan dikhawatirkan.Namun tidak bagi orang yang rajin shalat tahajud, dia begitu tenang danmenghasilkan fokus sehingga pencapaiannya akan luar biasa, melebihi orangrata-rata. Lihatlah bagaimana para pejuang Islam, saat berperang mereka tidakpernah meninggalkan tahajud, apalagi saat tenang. Maka tidak heran, kemenangangemilang bisa mereka raih meski jumlah dan kekuatan mereka sedikit.
Sejauh manafokus begitu penting dalam kehidupan kita? Cara sederhana menjelaskan kekuatanfokus adalah bagaimana cahaya matahari memiliki kekuatan membakar yang jauhlebih kuat jika menggunakan kata pembesar dibanding tanpa kaca pembesar. Saattangan Anda terkena sinar matahari, mungkin hanya hangat yang dirasakan, tetapijika melalu kaca pembesar, pada fokus yang tepat, hati-hati, tangan Anda bisaterbakar.
Begitu jugadengan energi yang ada dalam diri kita. Jika kita fokus pada satu titik, makaenergi tersebut akan memberikan dampak yang besar terhadap pencapaian Anda.Jika Anda memikirkan banyak hal, mengkhawatirkan banyak hal, maka pikiran Andatidak akan pernah fokus sehingga tidak akan pernah memiliki kekuatan untukmemberikan hasil yang terbaik.
Tahajudmenjadikan diri Anda menjadi pribadi yang dekat dengan Allah. Kedekatan inimenjadi diri Anda tenang. Kemudian, ketengan menjadikan Anda fokus, dan fokusmenjadikan Anda memiliki pencapaian yang besar. Jelas sudah, bahwa tahajudtidak membawa kebaikan di akhirat saja, tetapi juga di dunia.
Selain fokus,apa yang kita dapatkan jika kita bisa tenang? Ya, kita bisa berpikir jernih. Pikiranjernih hanya bisa didapatkan jika kita memiliki hati yang tenang. Saat kitadilanda takut, khawatir, atau gelisah, maka kemungkinan besar pikiran kita akanterpengaruh olah emosi kita.
Bukan menurutakal atau pikiran, tapi lebih mengedepankan perasaan, emosi, atau hawa nafsuyang memiliki kemungkinan salah lebih besar, bahkan ada kemungkinan ditunggangisyaithan.
Pernahkan Andamengalami perstiwa yang membuat Anda panik? Kepanikan adalah salah satu bentukketidaktenangan sehingga bisa melakukan apa saja yang sebenarnya tidak logis.Seseorang yang tenggelam dan hanyut, meraih rumput berharap akan selamat,padahal rumput tidak akan mampu menahan tubuhnya. Ini dilakukan karena adaunsur panik, tidak tenang.
Orang yangtenang, tentu dia akan memiliki pikiran yang jernih, pikiran yang tepat, logis,dan kritis. Pikiran yang jernih akan mengambilkan berdasarkan logika yangbenar, tidak melewatkan hal-hal yang penting, dan juga bisa menemukan hal-halyang tidak ditemukan oleh orang lain.
Kejernihanberpikir sangat diperlukan untuk semua aspek kehidupan kita. Kejernihanberpikir akan menentukan kualitas dan kebenaran keputusan kita. Sementarasetiap keputusan yang kita ambil seperti setir yang mengarahkan hidup kita.Semakin benar dan baik keputusan yang diambil, maka arah hidup kita akan menujukondisi yang benar dan lebih baik.
Orang-orang yangtidak bisa berpikir jernih karena khawatir atau takut, bisa membawa kepadakeputusan-keputusan keliru. Tidak sedikit orang yang menyesal karena mengambilkeputusan yang salah. Karena keputusan yang diambil teburur-buru, atau hanyaterbawa perasaan takut dan khawatir bukan hasil pemikiran yang jernih.
Orang yang rajintahajud selalu memiliki pikiran yang tenang, sehingga dia mampu berpikirjernih. Pikiran jernih ini akan menghasilkan keputusan-keputusan yang benar danbaik sehingga mengarahkan hidupnya ke arah yang benar dan baik pula. Logikanyaseperti itu dan sederhana.

Rasa Optimis
Kedekatan diri dengan Allah akan menjadikan seseorangmenjadi optimis. Saat Anda yakin dekat dengan Allah, saat Anda yakin akanmendapatkan pertolongan Allah, maka apa yang bisa menghalangi Anda? Anda akanyakin, bahkan keyakinan yang tinggi bahwa Anda akan mencapai apa yang Andainginkan.

Keyakinan iniakan berdampak besar bagi kehidupan Anda. Akan berbeda dengan orang yang tidakyakin atau ragu-ragu. Mungkin Anda melihat, orang yang ragu-ragu sering kalimembatalkan keputusannya dan kalau pun dia melakukannya, jika tidak yakin makaapa yang dia lakukan tidak dilakukan dengan optimal.
Keyakinan diriyang kuat akan menjadikan Anda bertindak. Dan kita mengetahui bahwa tindakanadalah mata rantai yang tidak boleh terlewat untuk meraih sukses. Banyakmotivator mengatakan: bertindak, bertindak, dan bertindak. Kenapa bertindakbegitu sulit? Itu karena keyakinan dia yang lemah. Seseorang yang memilikikeyakinan yang tinggi, akan mudah bertindak.
Seseorang yangmampu bertindak, dia akan banyak mencoba. Secara matematis, semakin banyak kitamencoba maka peluang berhasil akan semakin besar. Memang dengan bertindak tidakmenjamin Anda sukses, tetapi tanpa bertindak Anda dijamin tidak akan sukses.Bahkan salah seorang motivator mengatakan bahwa ujung-ujungnya seminar ataupelatihan adalah agar Anda bertindak, tindakan yang tepat tentunya.
Tindakan itubegitu penting dalam meraih sukses. Tanpa tindakan Anda tidak akan pernahsukses, dan sekarang kita punya rahasianya agar mampu bertindak, yaitu denganrajin shalat tahajud.
Memang tidaksemua tindakan akan meraih sukses. Tetapi diperlukan tindakan yang penuh dengandeterminasi. Kabar baiknya, tindakan yang dilandasi keyakinan yang kuat akanmemiliki determinasi yang kuat juga. Jadi tahajud bukan hanya menjadikan Andabertindak, tetapi tindakan penuh determinasi yang merupakan kunci sukses.
Orang-orang yangsukses adalah mereka yang bertindak penuh dengan determinasi. Yaitu tindakanyang terus menerus, cepat, dan kuat. Seperti yang dilakukan oleh Muhammad Fatihsaat menaklukan benteng “yang tidak mungkin ditaklukan”. Semua itu karena AlFatih dan pasukan beliau memiliki determinasi yang tinggi. Apa rahasianya? Ya,Muhammad Fatih selalu menyeru pasukan agar tetap menjalankan shalat malam,meski mereka dalam kondisi berperang.
Lebih dari itu,tindakan seseorang yang shalat tahajud adalah tindakan yang terbimbing karenadia dekat dengan Allah. Jadi tindakan orang yang rajin shalat tahajud bukanhanya memiliki determinasi yang kuat tetapi terarah ke arah yang tepat karenaadanya bimbingan Allah. Luar biasa, ini adalah rahasia sukses dan pencapaian.

Tidak semuatindakan akan membawa kepada keberhasilan. Jika Anda terus melangkah ke arahyang salah, apakah Anda akan mencapai tujuan? Tentu tidak akan pernah sampaiAnda mengubah arah ke arah tujuan yang tepat. Sebagai hamba yang selalumendirikan shalat tahajud setiap malam, insya Allah, Allah akan selalumembimbing kita ke arah yang benar sehingga kita bisa meraih sukses.
Orang yangmemiliki keyakinan tinggi akan bertindak dengan penuh berani. Dia tidak akanpernah takut karena dia yakin akan mendapatkan petolongan dari Allah. Keyakinantinggi ini pun akan menjadikan Anda penuh dengan kepercayaan diri. TindakanAnda akan tergantung kepercayaan diri Anda. Semakin percaya diri Anda, semakinbesar dan semakin berkualitas tindakan Anda.
Ketakutan danrasa rendah diri akan merusak usaha Anda. Ketakutan akan mengikis energi Andasehingga tidak memberikan hasil yang optimal. Sementara rendah diri akanmengakibatkan kualitas tindakan Anda rendah pula. Rendah diri akan menjadikanAnda bertindak pada level rendah sehingga hasilnya akan rendah juga.

Pembangkit Motivasi Paling Dahsyat
Jika pikiranpositif adalah pembuka jalan menuju cita-cita Anda, maka motivasi bagaikanenergi yang mendorong Anda untuk bertindak. Semakin besar motivasi yang Andamiliki maka akan semakin hebat tindakan Anda.
Sepertidisebutkan pada bab sebelumnya, bahwa kita akan mendapatkan energi yang dahsyatjika kita shalat khusyu’. Artinya akan membangun motivasi yang sangat besardalam diri kita. Belum lagi, kondisi pikiran kita yang positif dan optimis akanmeningkatkan motivasi juga. Sehingga sumber energi pendorong bagi orang yangshalat khusyu’ itu sangat besar.
Sungguh anehjika ada orang yang biasa shalat namun malah loyo, maka tidak ada lagi jawabanyang tepat, bahwa penyebabnya orang tersebut tidak khusyu’ saat mendirikanshalat. Kalau dia merasa khusyu’, tetapi tetap loyo, artinya ini bisa menjadibahan instropeksi.
Apa jadinya jikaAnda memiliki motivasi yang kuat? Maka motivasi itu akan mampu mendorong diriAnda untuk bergerak, untuk menjemput rezeki sebesar mungkin, untuk berdakwah,dan berjihad. Anda akan bergerak dan terus bergerak meski ada hambatan yangmenginginkan Anda berhenti.
Jika diibarakansebuah mobil yang memiliki energi yang cukup, maka mobil itu bisa melaju dengankencang dan sampai ke tujuan. Apa jadinya jika mobil tidak memiliki bensin yangcukup? Boro-boro bisa melaju kencang dan membawa muatan yang banyak, mobil akandia terpaku tidak bergerak saat bensinnya habis. Bensin ini adalah analogimotivasi bagi diri kita yang akan menjadikan diri kita bergerak.
Sukses memangbisa kita raih dengan tindakan, namun tidak tidak akan jika tidak ada energi.Energi yang dimaksud bukan energi secara fisik saja, namun dengan shalat kitamendapatkan energi ruhiah, yang merupakan buah dari energi ketundukan.

Memanfaatkan Segala Sumber-Daya Yang Kita Miliki Untuk Bisa Bangun Shalat Malam
Seperti beker, alarm HPdan program-program reminter shalat (seperti mawaqituntuk hp yang sudah support java), dll serta teman, dansuami-istri untuk saling membantu serta berjamah melaksanakanya
 Selain saling membangunkansuami-istri, dan keluarga juga saling membangunkantetangga atau teman dengan menelpon/misscal melalui HP-nya. Saling berta'awundalam kebaikan dan taqwa
Allah memberi rahmat kepada seorang suami yang bangun malam lalu shalat dan (tidak lupa)membangunkan istrinya kemudian ia shalat juga. Jika istrinya enggan, dia(boleh) memerciki wajah istrinya dengan air. Allah memberi rahmat kepada seorang istri yang bangun malam kemudian mengerjakan shalat,dan ia tidak lupa membangunkan suaminya. Jika suaminya malas bangun, ia bolehmemerciki wajah suaminya dengan air” (HR Abu Daud).

AGAR TIDUR TETAP BERPAHALA TAHAJUD DAN SEDEKAH
Manakala seorang hamba itu tidur dalam keadaan suci dari hadats, disertai puladengan dzikir, pikir dan tadabbur (merenung), maka tempat tidurnya seakanmenjadi masjid baginya. Ia tetap ditulis sebagai orang yang mengerjakan sholat,sehingga ia bangun. Jika ia bergerak dari tidurnya lantas menyebut nama Alloh(dzikir), maka malaikat pun mendo'akannya dan memohon ampunan untuknya.

Dalam hadits disebutkan, "Jika seorang hamba tidur dalam keadaan suci,maka ruhnya dibawa naik ke 'Arsy, sehingga mimpi-mimpinya adalah benar. Jika iatidak tidur dalam keadaan suci dari hadats, maka ruhnya tidak ruhnya tidak akanbisa naik kesana, sehingga mimpi yang dialaminya hanya mimpi kosong yang tidakbisa dibenarkan. Jika ia tertidur hingga pagi, maka dihitunglah untuknya pahalasholat malam (tahajud), sedangkan tidurnya itu atas dirinya adalahsedekah."
Orang yang keadaannya seperti ini dalam tidurnya, maka ia bisa menandingi danmengalahkan sekian banyak para ahli ibadah yang benar-benar bangun malam untukmengerjakan sholat malam tahajud, namun dilakukan dengan lalai (tidak khusyuk).

Dalam hadits juga disebutkan, "Tidurnya orang berilmu adalah ibadah,sedang nafasnya adalah tasbih."
Qûtul Qûlub (I/77).

Wallahu a'lamkang soleh
Semoga memperkaya wawasan kita.


Rahasia Sholat Sunnah Tahajud

Sobat..
>> Sholat sunnah tahajud merupakan bentuk pendekatan diri kepada AllahSWT dan Penghapus dosa.
Diriwayatkan dari Abu Umamah rodhiyallahu anha, Rosulullah saw bersabda :" Kerjakanlah sholat malam (sholat tahajud), karena ia merupakan kebiasaanorang-orang shalih sebelum kalian, dan bentuk pendekatan diri kepada Robbkalian, penghapus dosa-dosa serta pencegah perbuatan dosa."H.R Tirmidzi(3549) dan Hakim (I/308)

>> Sholat malam (sholat tahajud)menyehatkan badan.
Rosulullah saw bersabda sebagaimana yang disebutkan dalamhadits riwayat Thobroni : " Kerjakanlah sholat malam (sholat tahajud),karena sesungguhnya ia akan mengusir penyakit dari dalam tubuh."

>> Orang yg disiplin sholat malam (termasuk sholat tahajud) akan masuksurga dg kedamaian.
Thobroni meriwayatkan dengan sanad hasan dari Abdulloh Ibnu Umar r.a, bahwanabi sholallahu alaihi wasalam bersabda, "Sesungguhnya di dalam surga ituterdapat sebuah istana, dimana bagian luarnya bisa dilihat dari dalam, danbagian dalamnya bisa dilihat dari luar." Abu Malik Al-Asy'ari r.abertanya, "Untuk siapakah istana itu, wahai Rosululloh?" Beliaumenjawab, "Untuk orang yang berkata baik, memberikan makan, danmengerjakan sholat malam (sholat tahajud) ketika orang-orang sedang tidurmalam."

>> Sholat malam (sholat tahajud) merupakan kemuliaan orang mukmin di duniadan akhirat.
Thobroni meriwayatkan dg isnad hasan dari Sahl bin Sa'd r.a, bahwa ia berkata,"Jibril datang kepada nabi saw seraya berkata, "Wahai Muhammad,hiduplah sesuka hatimu, sesungguhnya engkau akan mati. Kerjakanlah sesukamu,sesungguhnya engkau akan diberi balasan atas tindakanmu itu. Cintailah orangyang engkau kehendaki, sesungguhnya engkau tetap akan berpisah dengannya.ketahuilah bahwa kemuliaan seorang mukmin itu terletak pada sholat malam yangdikerjakannya. Sedangkan kemuliaanya terletak pada kecukupannya dari (bantuan)orang lain."

>> Orang yang bangun malam untuk mengerjakan sholat (tahajud) tidak akanmerugi.
Thobroni meriwayatkan dari Ibnu Mas'ud r.a, bahwa Rosulullh saw bersabda,"Alloh tidak akan menjadikan rugi seseorang yang bangun tengah malam, laluia membaca surat Al Baqarah dan surat Ali Imron.

>> Orang yang mengerjakan sholat malam (tahajud) akan mendapatkankedekatan dg Allah Swt.
Tirmidzi meriwayatkan dari Amru bin 'Anbasah r.a, bahwa ia pernah mendengarNabi saw bersabda, "Keadaan paling dekat seorang hamba dengan Robbnyaadalah ditengah malam terakhir. Jika engkau bisa menjadi bagian dari orang yangberdzikrulloh ketika itu, lakukanlah."

>> Orang yang mengerjakan sholat malam (tahajud) akan dicatat sebagaigolongan yang banyak menyebut nama Alloh (berdzikir).
Rosulullah saw bersabda : " Jika seseorang membangunkan istrinya di tengahmalam, lalu keduanya sholat malam dua rokaat secara berjamaah, maka keduanyadicatat sebagai bagian dari golongan laki-laki dan perempuan yang banyakberdzikir." HR. Abu Dawud

>> Mendapatkan Rahmat dan Ampunan dari Allah.
Rosulullah saw bersabda : "Semoga Allah merahmati seorang laki-laki yangbangun malam, kemudian mengerjakan sholat dan membangunkan istrinya (agar ikutmengerjakan sholat malam/sunnah tahajud), lantas jika istrinya enggan, maka iamemerciki wajahnya dengan air. Semoga Allah merahmati seorang wanita yangbangun malam kemudian mengerjakan sholat malam dan membangunkan suaminya (agarmengerjakan sholat malam), lantas jika suaminya enggan, maka ia memercikiwajahnya dengan air." HR. Abu Dawud (1308) dan Ibnu Majah (1335).


12 Keajaiban Shalat Tahajjud

“Jika matahari sudah terbenam, aku gembira dengandatangnya malam dan manusia tidur karena inilah saat hanya ada Allah dan aku.”
Sejarah telah mencatat bahwa Rasulullah Saw danpara sahabat selalu melaksanakan shalat tahajud. shalat tahajud adalah shalatyang sangat mulia. Keajaiban melaksanakan shalat tahajud telah tercatat dalamalquran. Ada beberapa keajaiban shalat tahajud berikut ini.

1. Shalat Tahajud sebagai tiket masuk surga …
Abdullah Ibn Muslin berkata “kalimat yang pertamakali ku dengar dari Rasulullah Saw saat itu adalah, “Hai sekalian manusia!Sebarkanlah salam, bagikanlah makanan, sambunglah silaturahmi, tegakkan lahshalat malam saat manusia lainnya sedang tidur, niscaya kalian masuk surgadengan selamat.” (HR. Ibnu Majah).

2. Amal yang menolong di akhirat …
Allah SWT berfirman, “Sesungguhnyaorang-orang yang bertaqwa berada di dalam taman-taman surga dan di mataair-mata air, seraya mengambil apa yang Allah berikan kepada mereka. Sebelumnyamereka adalah telah berbuat baik sebelumnya (di dunia), mereka adalahorang-orang yang sedikit tidurnya di waktu malam dan di akhir malam merekamemohon ampun kepada Allah).” (QS. Az Zariyat: 15-18)

Ayat di atas menunjukkan bahwa orang yangsenantiasa bertahajud Insya Allah akan mendapatkan balasan yang sangat nikmatdi akhirat kelak.

3. Pembersih penyakit hati dan jasmani …
Salman Al Farisi berkata, Rasulullah Saw bersabda,“Dirikanlahshalat malam, karena sesungguhnya shalat malam itu adalah kebiasaan orang-orangshaleh sebelum kamu, (shalat malam dapat) mendekatkan kamu kepada tuhanmu,(shalat malam adalah) sebagai penebus perbuatan buruk, mencegah berbuat dosa,dan menghindarkan diri dari penyakit yang menyerang tubuh.” (HR. Ahmad)

4. Sarana meraih kemuliaan …
Rasulullah Saw bersabda, “Jibril mendatangikudan berkata, “Wahai Muhammad, hiduplah sesukamu, karena engkau akan mati,cintailah orang yang engkau suka, karena engkau akan berpisah dengannya,lakukanlah apa keinginanmu, engkau akan mendapatkan balasannya, ketahuilahbahwa sesungguhnya kemuliaan seorang muslim adalah shalat waktu malam danketidakbutuhannya di muliakan orang lain.” (HR. Al Baihaqi)

5. Jalan mendapatkan rahmat Allah …
Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah Sawbersabda, “Semoga Allah merahmati laki-laki yang bangun malam, lalumelaksanakan shalat dan membangunkan istrinya. Jika sang istri menolak, iamemercikkan air di wajahnya. Juga, merahmati perempuan yang bangun malam, lalushalat dan membangunkan suaminya. Jika sang suami menolak, ia memercikkan airdi wajahnya.” (HR. Abu Daud)

6. Sarana Pengabulan permohonan …
Allah SWT berjanji akan mengabulkan doaorang-orang yang menunaikan shalat tahajud dengan ikhlas. Rasulullah SawBersabda, “Dari Jabir berkata, bahwa nabi Saw bersabda, “Sesungguhnya di malamhari , ada satu saat yang ketika seorang muslim meminta kebaikan dunia danakhirat, pasti Allah memberinya, Itu berlangsung setiap malam.” (HR. Muslim)

7. Penghapus dosa dan kesalahan …
Dari Abu Umamah al-Bahili berkata bahwa RasulullahSaw bersabda, “Lakukanlah Qiyamul Lail, karena itu kebiasaan orang salehsebelum kalian, bentuk taqarub, penghapus dosa, dan penghalang berbuat salah.”(HR. At-Tirmidzi)

8. Jalan mendapat tempat yang terpuji …

Allah SWT berfirman, “Dan pada sebagian malambertahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhanmumengangkat kamu ke tempat yang terpuji.” (QS. Al-Isra’:79)

9. Pelepas ikatan setan …
Diriwayatkan dari Abu Hurairah ra bahwa RasulullahSaw bersabda, “Setan akan mengikat kepala seseorang yang sedang tidurdengan ikatan, menyebabkan kamu tidur dengan cukup lama. Apabila seseorang itubangkit seraya menyebut nama Allah, maka terlepaslah ikatan pertama, apabila iaberwudhu maka akan terbukalah ikatan kedua, apabila di shalat akan terbukalahikatan semuanya. Dia juga akan merasa bersemangat dan ketenangan jiwa, jikatidak maka dia akan malas dan kekusutan jiwa.”
10. Waktu utama untuk berdoa …
Amru Ibn ‘Abasah berkata, “Aku bertanyakepada Rasulullah Saw, “Ya Rasulullah! Malam apakah yang paling di dengar?”,Rasulullah Saw menjawab, “Tengah malam terakhir, maka shalat lah sebanyak yangengkau inginkan, sesungguhnya shalatwaktu tersebut adalah maktubah masyudah(waktu yang apabila bermunajat maka Allah menyaksikannya dan apabila berdoamaka didengar doanya)” (HR. Abu Daud)

11. Meraih kesehatan jasmani …
“Hendaklah kalian bangun malam. Sebab hal itumerupakan kebiasaan orang-orang saleh sbelum kalian. Wahana pendekatan diripada Allah Swt, penghapus dosa, dan pengusir penyakit dari dalam tubuh.” (HR.At-Tarmidzi)

12. Penjaga kesehatan rohani …
Allah SWT menegaskan bahwa orang yang shalattahajud akan selalu mempunyai sifat rendah hati dan ramah. Ketenangan yangmerupakan refleksi ketenangan jiwa dalam menjalani kehidupan sehari-hari dimasyarakat.

Allah SWT Berfirman, “Dan hamba-hamba Tuhan YangMaha Penyayang itu (ialah) orang-orang yang berjalan di atas bumi dengan rendahhati dan apabila orang-orang jahil menyapa mereka, mereka mengucapkan kata-katayang baik. Dan orang yang melewati malam hari dengan bersujud dan berdiri untukTuhan mereka.” (QS. Al-Furqan: 63-64)

Keajaiban shalat tahajud sudah terbukti, makabertahajudlah!
Mun




Keutamaan Shalat Tahajud – Membangun Pribadi Optimisdan Tangguh
Salat tahajud adalahsebuah ibadah, ibadah sunah yang sangat dianjurkan. Sebagai umat Islam, kitameyakini bahwa semua ibadah baik yang diwajibkan maupun yang disunahkan pastimembawa manfaat bagi kita baik di dunia dan di akhirat.
Jika kita beribadah denganikhlas, maka pahala atau balasan dari shalat tahajud akan kita dapatkan diakhirat nanti. Bahkan disebutkan melalui hadits dan ayat diatas bahwa shalattahajud adalah salah satu kunci menuju syurga. Ini adalah keutamaan dan manfaat shalat tahajud yang berkaitan dengan akhirat.
Namun kita juga yakinbahwa ibadah-ibadah yang kita lakukan akan membawa kebaikan dunia. Ini adalahhikmah diperintahkannya ibadah-ibadah tersebut, bukan alasan diperintahnyaibadah. Maksudnya adalah meski kita tidak atau belum mengetahui bahwa ibadahtersebut membawa kebaikan di dunia, kita tetap akan mendapatkan balasan jikakita melakukannya.
Saat ini kita bersyukur,dengan perkembangan ilmu dan teknologi, banyak manfaat dari ibadah-ibadah yangkita lakukan terkuak. Sebagai contoh, sudah ada beberapa literatur yangmembahas bagaimana manfaat shalat terhadap kesehatan jika dilihat dari ilmukedokteran. Tentu ini berdasarkan ilmu kedokteran, penelitian, dan dataempiris. Namun, sebagai seorang yang beriman, kita tetap wajib menjalankanshalat meski pun kita belum mengetahui manfaatnya dari segi kesehatan.

Manfaat-manfaat yang akan kita dapatkan dari ibadah, termasuk khusus dari shalat tahajud yang akan kitabahas, akan menambah motivasi kita menjalankan ibadah tersebut. Yang menjadiperhatian adalah jangan sampai manfaat dunia menjadi motivasi atau niat yangutama. Jika kita menjadikan manfaat dunia sebagai niat utama, artinya keihlasankita dalam beramal bisa berkurang bahkan hilang.
Jika keikhlasan kita sudahhilang, kita tidak akan mendapatkan pahala di akhirat, bahkan manfaat yang akankita dapatkan di dunia pun menjadi tanda tanya. Untuk itulah, agar kita bisamendapatkan manfaat di dunia dan akhirat, kuncinya adalah keikhlasan. Saat kitasudah ikhlas, kita tidak peduli dengan manfaat dunia. Ada atau tidak adanyamanfaat dunia, kita tetap merasa terpanggil untuk menjalankan shalat tahajud.

Bolehkah kita yakin bahwa manfaat dunia akan kita dapatkan? Tentu saja boleh selama manfaat itu secarategas disebutkan oleh dalil yang shahih. Keyakinan ini tidak mengurangikeikhlasan kita selama kita yakin bahwa kebaikan dunia yang akan diberikanadalah datangnya dari Allah, bukan dari shalatnya itu sendiri. Shalat hanyalahjalan, ketentuan tetap ada di tangan Allah Subhaanahu wa ta’ala.
Jadi tetaplah kitamengutamakan keikhlasan dalam menjalankan shalat tahajud. Ikhlas adalah syaratditerimanya ibadah. Jika ibadah diterima oleh Allah, maka kita yakin kita punakan mendapatkan manfaatnya.

Kadang ada pertanyaan,“Mengapa ada orang yang selalu tahajud, tetapi tidak ada perbaikan padadirinya. Tidak ada tanda-tanda jiwanya baik, tidak ada semangat dalam bekerja,sehingga karir dan bisnisnya mandeg?”
Apakah tahajud tidakampuh? Bukan, bukan pada tahajudnya. Sudah banyak bukti, orang yang biasamelanggengkan tahajud memiliki pencapaian yang luar biasa. Kita bisa melihatberbagai pencapaian dakwah yang di luar nalar kita. Koq bisa? Seseorang yangsecara harta kurang, tapi mampu meraih pencapaian luar biasa dalam dakwahnya.Ini bisa jadi pertolongan dari Allah berkat dia rajin shalat tahajud.
Banyak juga contoh-contohdimana seseorang meraih sukses besar meski dirinya bukan orang yang hebat.Seorang lulusan SD dengan profesi kuli, bisa menyekolahkan semua anaknya kejenjang perguruan tinggi. Jika dihitung secara ekonomi, adalah tidak mungkin.Namun jika Allah sudah berkehendak, tidak ada yang tidak mungkin. Ya, orangtersebut hampir setiap malam melakukan shalat tahajud, sehingga Allahmemperkenankan cita-citanya.

Nah, kembali pada orangyang tidak mendapatkan manfaat dari shalat tahajud, itu karena salah diasendiri. Ada kemungkinan, dia belum mendirikan shalat tahajud dengan benar.Bisa jadi baru setengah benar, sepertiga benar, atau sepersepuluh benar.

Halini dijelaskan oleh Rasulullah saw adalah sebuah hadits:“Sesungguhnya pelakuibadah itu mengira telah menengakkan shalat (seutuhnya), padahal tidaklahtertulis baginya kecuali setengah shalat, sepertiganya, seperempatnya,seperlimanya, atau sepersepuluhnya.” (HR Ahmad dan Abu Dawud)

Jadi, jika Anda merasa tidak mendapatkan manfaat lahiriah dari shalat tahajudAnda, maka yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kualitas shalat Anda.Kualitas shalat Anda ditentukan oleh dua hal. Yang pertama adalah sejauh manakeikhlasan Anda dalam menegakkan shalat. Yang kedua sejauh mana shalat Andasudah sesuai dengan tuntungan Rasulullah saw.
Membersihkan diri untukmeningkatkan keikhlasan harus senantiasa kita lakukan. Kita juga perlu terusbelajar sampai tata cara shalat kita benar-benar sempurna sebagaimanadicontohkan oleh Rasulullah saw.

Menjadi Pribadi Yang Bersemangat
“Setan membelitkan tiga ikatan pada tengkuk kepala masing-masing kalian ketikakalian tidur. Pada setiap ikatan, setan berbisik, ‘Lewatilah malam yang panjangini dan tidurlah!’ Jika ia bangun karena ingat akan Allah, lepaslah satuikatan. Jika kemudian ia berwudhu, lepaslah satu ikatan lagi. Jika kemudian iashalat, lepaslah semua ikatan itu sehingga pada pagi harinya ia akan giatbekerja dan jiwanya menjadi baik. Jika ia tidak melakukan semua itu maka padapagi hari jiwanya tidak akan menjadi baik dan ia akan malas bekerja.” (HRBukhari, Muslim dan Abu Dawud)


Dari hadist diatas sudah sangat jelas bahwa bangun malam kemudian shalat akan membangun jiwa yang baik.Bukan hanya jiwa yang baik, dia akan giat bekerja. Shalat tahajud menjadikanAnda menjadi prbadi berjiwa baik dan giat bekerja. Kedua hal ini sangat pentingbagi keberhasilan atau sukses Anda, dalam bidang apa pun.
Jika Anda seorangkaryawan, baik rekan kerja dan atasan Anda akan senang dengan Anda. Kondisi iniakan memuluskan Anda untuk mendapatkan promosi sehingga karir Anda bisaberkembangan dengan pesat. Semua atasan atau perusahaan tentu akan memilihkaryawan yang giat bekerja, apa lagi memiliki jiwa yang baik.
Shalat tahajud adalah alatyang ampuh untuk membangkit motivasi. Orang yang senantiasa shalat tahajudadalah mereka akan memiliki semangat atau motivasi tinggi. Bisa dilihat sejauhmana dia giat belajar dan bekerja. Dan, ini akan membawa kepada pencapaian yangluar biasa.
Hal ini sejalan dengan apayang dikatakan Al Hasan Al Bashri,
“Mengapa orang-orang yang membiasakan diri mengerjakan shalat Tahajud di malamhari wajahnya tampak cerah, berseri-seri, dan berwibawa? Karena mereka selalubercengkrama dengan Tuhan Yang Maha Penyayang di tengah kegelapan malam. Diamemberikan cahaya kepada mereka dari sebagian cahanya-Nya.” (Al Hasan AlBashri)


Fisik Yang Prima
“Setan membelitkan tiga ikatan pada tengkuk kepalamasing-masing kalian ketika kalian tidur. Pada setiap ikatan, setan berbisik,‘Lewatilah malam yang panjang ini dan tidurlah!’ Jika ia bangun karena ingatakan Allah, lepaslah satu ikatan. Jika kemudian ia berwudhu, lepaslah satuikatan lagi. Jika kemudian ia shalat, lepaslah semua ikatan itu sehingga padapagi harinya ia akan giat bekerja dan jiwanya menjadi baik. Jika ia tidakmelakukan semua itu maka pada pagi hari jiwanya tidak akan menjadi baik dan iaakan malas bekerja.” (HR Bukhari, Muslim dan Abu Dawud)

“Mengapaorang-orang yang membiasakan diri mengerjakan shalat Tahajud di malam hariwajahnya tampak cerah, berseri-seri, dan berwibawa? Karena mereka selalubercengkrama dengan Tuham Yang maha penyayang di tengah kegelapan malam. Diamemberikan cahaya kepada mereka dari sebagian cahanya-Nya.” (Al Hasan AlBashri)
Dari haditsdiatas dan apa yang dikatakan olah Al Hasan Al Basri, bahwa manfaat dari shalattahajud bukan hanya menyentuh batin dan mentalitas kita, tetapi juga padakekuatan dan penampilan fisik. Shalat tahajud menyentuh luar dalam bagipelakunya.
Giat bekerjatidak akan terlaksana jika tidak memiliki fisik yang prima. Maka wajar parasahabat dan kaum salaf tetap menjalankan ibadah shalat tahajud meski merekadalam keadaan safar (perjalanan) maupun dalam keadaan perang. Bukankah dalamkondisi seperti itu harus banyak istirahat (tidur) agar besok segar kembali?
Justru merekamalah bangun malam, karena mereka yakin bahwa sumber energi itu datang darishalat malam. Untuk Anda yang ingin giat bekerja, tidak mudah capek, dan kuat,maka shalat tahajud adalah solusinya. Bahkan banyak kisah yang mengatakan bahwashalat tahajud bukan hanya menjadikan kuat, tetapi mampu menyembuhkan penyakit.
Jelas, denganbadan yang sehat dan kuat kita akan semangat dalam bekerja, semangatmenjalankan bisnis kita, semangat dalam menjalin silaturahim, dan semangatdalam menapaki jalan dakwah yang panjang dan berat. Kita tidak perlu khawatirakan kekurangan energi, shalat tahajud mampu mengalirkan enegi dari Allah kedalam tubuh kita. Kita tidak perlu takut akan loyo jika bangun malam, justruakan menjadikan kita sehat dan kuat.

Allah swt berfirman dalam QS. Al-Ahzaab:56 "Sesungguhnya Allahdan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman,bershalawatlah kamu untuk Nabi dan ucapkanlah salam penghormatankepadanya". Ubai berkata: Aku berkata: Wahai Rasululloh aku memperbanyaksholawat untukmu, berapa banyak aku bersholawat untukmu? Beliau menjawab:Sesukamu. Lalu Ubaiberkata lagi: aku berkata: seperempat. Beliau saw berkata:terserah, tapi kalau kamu tambah maka itu lebih baik. Aku berkata:setengah. Beliau menjawablagi: terserah, tapi kalau kamu tambah maka lebih baik bagimu. Maka aku berkatalagi: kalau begitu dua pertiga. Beliau menjawab:Terserah, kalau kamu tambah maka lebih baik bagimu.
Lalu akauberkata: Saya jadikan seluruh (do’aku) adalah sholawat untukmu. Maka Rasulullohmenjawab: Kalau begitu (sholawat) itu mencukupkan keinginamu (dunia danakherat) dan Allah akan mengampuni dosamu. (HR Al Tirmidzi , kitab Sifat AlQiyaamh no. 2457 dan Syeikh Al Albani dalam Silsilah Ahadits Shohihah (no.954)menyatakan: Sanadnya hasan karena perbedaan ulama yang terkenal tentang IbnuUqail.

Ibnu Al Qayyimra menyatakan: Syeikh kami Abul Abas Ibnu Taimiyah ra ditanya tentang tafsirhadits ini, beliau menjawab: Ubai waktu itu memiliki doa yang digunakan untukdirinya sendiri, lalu Nabi saw bertanya: Apakah ia menjadikan seperempatdo’anya untuk bersholawat untuk beliau saw, lalu beliau n berkata lagi: jikakamu tambah maka itu lebih baik bagimu. Ia menjawab: separuhnya. Lalu beliausaw berkata: jika kamu tambah maka itu lebih baik bagimu. Sampai kemudianmenyatakan: aku jadikan doaku semuanya untuk sholawat untukmu.
Lalu Rasulullahsaw menjawab: kalau begitu itu mencukupkan kamu dari semua keinginanmu danAllah mengampuni dosamu. Hal ini karena orang yang bersholawat satu kali untukNabi n akan mendapatkan sholawat dari Allah sepuluh kali dan siapa yangmendapat sholawat Allah maka tentunya akan dapat mencukupi semua keinginannyadan diampuni dosanya, inilah pengertian ucapan beliau. (Lihat: Jala’ Al AFhaamfi Fadhli Al Sholat Wa Al Salam ‘Ala Khoiril Anam, Ibnul Qayyim, tahqiq Zaidbin Ahmad Al Nasyiri, cetakan pertama tahun 1425H Dar ‘Alam Al Fawaaid, hal76.)

Sakit mata sembuh berkat tahajud
Saya punyabeberapa pengalaman dalam melakukan sholat malam atau tahajud untuk mengatasibeberapa masalah yang pernah saya alami. Antara lain pengalaman saya ketikaanak pertama saya yang masih berumur 6 bulan mengalami sakit mata. Sudah lebih3 bulan mata kanan anak saya selalu berair dan airnya meleleh dipipi hinggamenimbulkan iritasi.
Saya membawaanak saya kedokter Gantira seorang dokter ahli mata di Bandung. Ia menjelaskanbahwa saluran pembuangan air mata anak saya dari mata ke tenggorokan yang hanyasebesar rambut mengalami penyumbatan. Saluran itu harus dibuka dengan melakukanoperasi.

Namun karenaanak saya masih berumur 6 bulan ia menyarankan saya untuk konsultasi dahulupada ahli anastesi, apakah anak saya bisa dianastesi untuk melakukan operasimata. Saya dan istri saya sangat terpukul mendengar keterangan dokter tersebut.Saya sedih dan cemas, mengapa anak saya yang masih kecil itu harus menjalanioperasi mata.
Saya mintatolong pada dokter ahli mata tersebut untuk sementara memberi obat apa sajayang dapat meringan kan iritasi pada matanya. Dokter memberi salep mata yangharus diberikan 2 kali sehari. Kami pulang dengan hati gundah. Istri sayaselalu menangis mengkhawatirkan keadaan anak kami. Kami sangat cemas kalau mataanak kami harus dioperasi. Berbagai angan angan buruk menghantui fikiran kami.

Saya bertekaduntuk melakukan sholat malam atau tahajjud mohon pada allah agar mata anak sayadisembuhkan. Saya bangun sebelum sholat subuh sekitar jam 3.30. Salep mata yangsaya dapatkan dari dokter saya letakan diatas sajadah tempat saya sujud. Sayalakukan sholat tahajjud 2 rakaat kemudian saya berdo’a agar salep mata yangdiberikan dokter kepada kami diberi kekuatan untuk menyembuhkan mata anak kami.Saya lakukan sholat 2 rakaat x 4 menjadi 8 rakaat dan ditutup dengan sholatwitir 3 rakaat, sehinggal total semua menjadi 11 rakaat. Diantara masing masingsholat 2 rakaat itu saya berdo’a mohon agar salep yang diberikan dokter itumempunyai khasiat untuk meyembuhkan mata anak kami.
Saya lakukansholat tahajud setiap malam, berdo’a penuh pengharapan pada Allah agar mataanak saya disembuhkan kembali. Sesuai saran dokter salep mata itu kami berikan2 kali sehari, waktu pagi dan sore hari. Alhamdulillah setiap hari kami lihatada angsurannya. Lelehan airmata pada pipi anak kami setiap hari tampak mulaiberkurang. Pada hari ke tujuh lelehan air mata dipipi anak saya sudah mengeringdan tidak tampak lagi. Saya terus mengerjakan tahajud dan berdo’a setiap malam.Alhamdulillah setelah 2 minggu mengerjakan sholat tahajud mata anak saya betulbetul telah sembuh. Matanya tampak bersih tidak ada bekas iritasi dan lelehanair mata lagi. Kami betul betul bersyukur dan berterima kasih pada Allah.
Demikianlah mataanak saya tidak jadi dioperasi, ia sembuh hanya dengan memberikan salep matadan mengerjakan sholat tahajud selama 2 minggu terus menerus. Walaupun padamulanya dokter menyarankan untuk membuka saluran pembuangan air mata yangtersumbat itu harus dioperasi. Namun dengan pertolongan Allah semuanya bisanormal kembali dengan obat yang sederhana dan mengerjakan sholat tahajud setiapmalam.

Manfaat Shalat Tahajud (Kisah Nyata)

SALAM GAN....Disini Ane bukan mau ngajarin atau ane ngaku lebih alim dari agan.Tapi ane cuma mau Sharing tentang HEBATNYA itu SHALAT TAHAJUD Gan. ASLI Gan !!! Ane nggak bohong.
SHALAT TAHAJUD itu adalah Shalat Sunah Mu'akad, yaitu Sunah yang Sangat dianjurkan. Dikerjakan malam hari antara Waktu Isa hingga Subuh. Kemudian dikerjakan setelah kita tertidur gan (Kudu tidur dulu, kalo nggak tidur ya Shalat Biasa... Ada juga yang bilang tidak perlu tidur dulu.... Insya Allah semua Benar Gan).
Kalo Agan minta sesuatu (yang positif), PASTI dikabulkan Gan.... PASTI !!!. Tentu ada syaratnya Gan
- Rutin dilakukan, bukan cuma semalam doang
- Istiqomah dalam berusaha, jangan mudah menyerah Gan
- Sabar, bukan berarti malam kita minta, besok pagi sudah ada
Ingat Gan...."Jadikan Sabar dan Shalat sebagai penolongmu"

Ane mau Sharing KISAH NYATA yang menjadi sejarah kehidupan ane Gan.. :

1. Keinginan Kuliah di PTN Favorite
Waktu SMA, ane punya cita-2 masuk ke PTN yang Favorite di Negri ini Gan. Kalo dilihat dari Rangking di SMA... He He, paling bagusrangking 8. Paling ancur rangking 34 dari 36 Gan, bahkan nyaris Tidak Naik Kelas gara-gara ada satu Pelajaran ane dapat 5.....Karena keinginan yang besar, ane belajar gan, Dan juga tidak lupa, jam weker dipasang dipukul 03.00, untuk SHALAT TAHAJUD setiap malam.
Hasilnya, waktu TRY OUT di SENAYAN, kan ada ribuan peserta tuh Gan. Eeeh tiba-tiba nama ane ada di Rangking ke 4 Gan. Jagoan sekolah ane yang ibarat kata The Best of The Best di Sekolah ane ada di Rangking 11.
Semenjak itu Gan, baru deh orang-2 disekolahan ane pada bertanya-tanya "KOK BISA ?".... Apa sih yang gak bisa di dunia ini ???

Singkat kata, pada pengumuman UMPTN (Waktu itu).. Kucluk-kucluk-kucluk, Ane Lulus UMPTN Pilihan Pertama Gan !!!! Rasanya waktu itu badan ringaaaaan banget, Senang Sekali.. Tentu Ortu ane senang juga kan Gan ? Nyenegin Orang Tua kan Ibadah, lagi pula Ortu ane tidak perlu mengeluarkan biaya yang lebih besar kan ?

2. Keluar dari Kehidupan Yang Penuh Dosa....
Setelah Kuliah Alhamdulillah 5 tahun lulus juga... Terus ane kerja lompat-2 kayak katak, sampai terdampar di tengah hutan Kalimantan segala tapi gak betah dan balik lagi ke Jakarta (Biar dekat sama Orang Tua)
Akhirnya sekarang ane kerja di sebuah persh di jakarta sampai sekarang. Waktu awal masuk, ane kenalan dengan cewek (rekan kerja) yang sudah dulu masuk... Cantik Gan, Putih, Langsing, pokoknya bagus deh.... Karena itu cewek kos-kosannya searah dengan jalur saya ke rumah, ya mau gak mau setiap hari pulang pergi saya nganterin dia gan.
Lama kelamaan akhirnya ya kita sering jalan bareng gan (Padahal dia sudah punya cowok tapi di luar kota, ane saat itu lagi gak punya cewe)

Nah..... Disinilah dosa-dosa itu mulai menghujani diriku Gan... Awalnya makan, nonton, jalan-jalan, tapi akhirnya... Setiap hari pasti ane mendapatkan dosa besar di saat itu, PASTI Gan !!!... Bener juga kata pepatah Gan, kalo kita berdua, yang ketiga pasti setan.... Awalnya, antara hati dan nafsu benar-benar berantem. Tapi lama kelamaan, akhirnya hati ane kalah juga Gan. Dan hal itu menjadikebutuhan kita berdua setiap hari....
Setelah kira-2 3 tahun, Hati kecilku mulai berontak Gan.... Sebenarnya ane tidak mau seperti itu, tapi kayaknya sulit sekali memisahkan kami berdua... SANGAT SULIT SEKALI !!!

Akhirnya ane pasrahkan semua ini sama YANG DIATAS... Setiap malam ane shalat tahajud dan meminta supaya ane segera dijauhkan dari dia dan segera ditemukan seseorang yang jauh lebih baik dari dia, terutama untuk DUNIA dan AKHIRAT, serta segera menikah dan mendapatkan momongan yang lucu-lucu...
Eeeh tidak disangka-sangka Gan, ternyata Pacar dia yang di luar kota ingin meminangnya (Paksaan kedua orang tua dia dan orang tua pacarnya), sehingga mau tidak mau dia harus keluar dari perusahaan dan pindah ke luar kota...
Ane bersyukur banget gan, apalagi kira-2 2 bulan setelah dia pergi, ane dapat calon istri ane (pacar). Seperti tidak sadar begitu cepatnya waktu berjalan, 4 bulan setelah itu ane married Gan Alhamdulillah sampai sekarang, dan ane sekarang punya 2 orang anak laki-2 yang lucu....

Dari Informasi yang di dapat..... Cewek yang dulu, ternyata sampai sekarang (kira-2 6 tahun) belum juga dikaruniai momongan... Ane sudah yakin akan hal itu waktu dulu, karena waktu dulu dia sering sekali konsumsi obat-obatan (bukan narkoba) dan juga dia demen minum bir... Coba kalo dulu ane married dengan dia, mungkin sekarang ane belum punya momongan gan....

3. Ingin Memiliki Usaha Sampingan
Sudah cukup lama ane bekerja di tempat yang sekarang... Alhamdulillah, kebutuhan semua tercukupi. Tapi namanya manusia pasti kita berusaha ingin mendapatkan sesuatu yang lebih kan Gan ?
Seorang Karyawan, tentu uang didapatkan setiap bulan sekali kan ? Entah tanggal 25, 30 atau tanggal 1.... Berarti, saya mendapatkan uang hanya sebulan sekali... Sebenarnya untuk mendapatkan Yang Bukan Haknya sih bisa saja, tapi sudah komitmen ane untuk tidak melakukan hal itu..
Diwaktu tidak bekerja (Sabtu Minggu), saya sama berkeluarga... yah refreshinglah, jalan-jalan..... Disitu saya berpikiran

"Kenapa Hari Sabtu dan Minggu Saya Hanya Mengeluarkan Uang saja ?" Mengapa Tidak Berusaha Untuk Mendapatkan Uang ?".... Orang lain bisa, kenapa saya tidak ?
Satu niat saya.... Mendapatkan Penghasilan Tambahan... Usaha... Bisnis...
Tapi saya bingung, bagaimana ? Bisnis Apa ? Modalnya Bagaimana ?

Kembali, ane serahkan semua sama YANG DIATAS..... Saya pasang jam weker setiap jam 03.00, Shalat Tahajud dan ane minta untuk dibukakan pikiran agar memiliki suatu usaha bisnis sampingan....
Buanyak usaha-2 / Bisnis-2 yang saya coba Gan.... dari MLM, Ikan, Tumbuhan, Periklanan, Franchise dll.... Tapi gak ada yang bertahan Gan.....Terus Berdoa Setiap Malam.... dan..... Usaha Pantang Menyerah

Eeeehh.... Nggak taunya, ide itu terbersit gan, lewat begitu saja.... Singkat kata, Ane diberi petunjuk sama YANG KUASA untuk Berdagang.... Ya sudah... Ane tekuni....
Alhamdulillah, modal gak banyak, cuma 5 jeti..... Akhirnya ane punya usaha sampingan Gan... Semua dikerjakan dari rumah, sepulang ane bekerja, ane kerja dan mendapatkan penghasilan tambahan... Walau Sabtu Minggu, walau jalan-2 sama keluarga, Alhamdulillah pemasukan tetap ada Gan...

4. Ingin Usaha Bertambah Besar
Alhamdulillah Gan..... Ane ada usaha (Begitu dipikiran ane dulu).... Semua dikerjakan dari rumah Gan, di rumah crowded banget deh....
Kemudian Ane punya mimpi lagi.... Ingin rasanya punya kantor/toko, sehingga bisa berkembang lebih besar lagi dan juga bisa membantu orang-2 yang membutuhkan pekerjaan...
Kembali lagi Gan... Ane Meminta sama YANG MAHA KAYA setiap malam... Ane terusss berusaha....

Gak disangka-sangka, itu namanya pintu rezeki, adaaaa aja gan... Niat awal cuma main-main, eh ketemu orang, ngobrol-2 berlanjut-berlanjut, jadi rekanan.... Niatnya iseng liat-2 berita, eehhh ada aja ide-2 baru yang muncul....
Alhamdulillah Gan.... Usaha ane berkembang.... Dari yang modal awal cuma 5 juta, sekarang sudah bisa mendapatkan penghasilanmenyamai bahkan melebihi dari penghasilan ane di perusahaan sekarang ane bekerja.... Ane punya toko sekarang Gan....

Dari situ ane juga bisa nyeneng-nyenengin Keluarga jalan-jalan ke Luar Negri Tahun Lalu... Tahun ini Insya Allah juga mau jalan ke Luar Negri lagi dan juga ke Bali bersama keluarga besar, Ayah, Ibu, Mertua dan keluarga kakak-kakak ane Gan.... Ane Bersyukur Banget Gan....

Quote:

Mungkin ada Agan yang bilang "Kok pakai jalan keluar negri segala ? Ngabis-ngabisin uang aja...
Bukannya ane ngabis-2in uang Gan, ane tu sayang banget sama anak istri... Anak ane setiap saat kalo liat pesawat pengen banget naik dan liburan ke mana gitu. Soalnya ane sama keluarga jarang banget liburan, paling mentok-2 ke Taman Safari ... Yah mumpung ada sedikit rezeki, pengen rasanya nyenengin anak... Kebetulan istri ane juga belum pernah ke Luar Negri... Jadi begitu gan... Sekarang juga banyak pesawat murah dan juga Non Fiskal kok Gan...
Semoga bermanfaat!

Rony Wijaya
Silakan menyebarkan materi

Manfaat Tahajud Menjemput Jodoh

Bila malam tiba, saatnya bertahajud. Sholat Tahajud adalah sholat sunah yang memiliki keutamaan terbesar setelah sholat fardhu. Siapa saja yang memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta’ala akan dikabulkanNya. Demikian juga dengan jodoh. Sholat tahajud merupakan sarana menjemput jodoh kita. Ingatlah bahwa jodoh kita sudah ditentukan oleh Allah. Sepatutnya kita menjemput jodoh kita dengan sholat tahajud.
Selain berikhtiar dengan berusaha mencari jodoh dan memohon kepada Allah dengan melalui sholat tahajud akan semakin mendekatkan diri kita dengan jodoh. Dengan penyerahan diri dan keikhlasan dalam menjalani hidup merupakan kekuatan yang hanya dimiliki oleh hamba-hamba yang dicintaiNya.
Allah Subhanahu Wa Ta’ala senantiasa memuji bagi hamba-hambaNya yang memohon kepadaNya agar diberikan pasangan hidup yang sholeh. Mohonlah apa yang menjadi niat dan keinginan kita. Sholat Tahajud menjadi sebuah sarana yang efektif karena mengandung banyak keutamaan dihadapan Allah. Termasuk memohon agar diberikan jodoh yang baik dan keluarga yang menenteramkan hati kita.
‘Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai menyenangkan hati kami dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. al-Furqan : 74).
Orang Terbaik

Berusaha meninggalkan Maksiat, Dosa dan Perbuatan Bid'ah
Al-Imam Hasan Al-Bashripernah menegaskan: Sesungguhnya orang yang telah melakukan dosa,akan terhalang dari qiyamul lail.” Ada seseorang yang bertanya:“Aku tidak dapat bangun untuk untuk qiyamul lail, maka beritahukanlah kepadakuapa yang harus kulakukan?” Beliau menjawab : “Jangan engkau bermaksiat (berbuat dosa) kepada-Nyadi waktu siang, niscaya Dia akan membangunkanmu di waktu malam”(Tazkiyyatun Nufus, karya Dr Ahmad Farid)
Berusaha untuk senantiasa mengawasi diri (menghisab diri) tiap amalankita. Bahkan dari segala yang terlintas dalam benak kita serta informasi yanglayak (boleh masuk) dalam ingatan (perhatian) kita

Mengusahkan Hal-hal Yang Akan Mempermudah Kita Bangun Malam
Mengusahakan tidak terlalu banyak makan dan minum sebelumnya
Yang akan membuat perutterlalu kenyang dan mata mengantuk (terasa berat) untuk bangun ditengah malam
Mengusahakan untuk tidur pada siang hari meskipun sebentar
Sebab dengan adanya tidursiang tersebut akan memudahkan kita untuk bangun malam
Berusaha senantiasa memuliakan masjid dan menitipkan hati kita disana
Dengan meramaikanya untuk ibadah dan shalat jamaah diawal waktu (teruntuk laki-laki)
Sehingga akan terbiasa, merasuk menjadi jati diri kita untuk senantiasa menjaga waktu-waktu ibadah kitakepada Allah secara berjamaah penuh kesadaran
Berusaha dekat dan bergaul merekatkan diri pada orang-orang shaleh
Orang yang akan memberikita nasehat (mengingatkan) akan kesalahan dan kekurangan diri kita
"Kalian adalah umatterbaik yang dilahirkan untuk manusia; melaksanakan amar makruf nahi mungkardan beriman kepada Allah"  (QS Ali Imran [3]:110)
Dan bukan sekedar temandalam kesenangan saja yang biasanya malah menjerumuskan (menyesatkan)

KIAT AMPUH AGAR RAJIN SALAT TAHAJUD*

Kebaikan danpahala shalat tahajud sudah banyak yang mengetahuinya, tetapi masih sedikityang menjalankannya. Mengapa? Ya, banyak yang mengatakan menjalankan shalattahajud secara kontinyu adalah tantangan besar, itu sangat sulit. Bagi Andayang merasa sulit, maka disini akan dibahas bagaimana agar kita bisa terbiasabangun malam dan shalat tahajud.
Anggaplah saatini Anda sudah biasa menjalankan shalat malam. Artinya Anda sudah sanggupmelalui berbagai hambatan dan halangan untuk shalat malam. Tidak semua orangbisa, Anda perlu bersyukur dan mengambil hikmah dari hal ini.
Kesadaran bahwaAnda mampu melakukan yang sulit, bisa memicu rasa syukur bahwa Anda mendapatkankesempatan untuk menerima panggilan Allah. Hati-hati saja, jangan sampai merasaujub bahwa Anda lebih baik dibandingkan orang lain.
Syukuri bahwa Anda bisa bangun malam. Yang perlu Anda lakukan adalah Andaberterima kasih kepada Allah.

Artinyakomunikasi Anda hanya kepada Allah, tidak perlu cerita kepada orang lain bahwaAnda rajin shalat malam. Tidak perlu update status di facebook atau berkicau ditwitter(bhw anda telah bertahajud), biarlah yang mengetahuinya hanya Anda danAllah.
Yang pentingadalah Anda bersyukur dengan cara memanfaatkan kemampuan beribadah ini. Rasasyukur Anda bisa ditunjukan (kepada Allah) dengan cara meningkatkan amalansecara terus menerus baik kuantitas maupun kualitas.
Hikmah darikemampuan Anda melalui hal yang sulit adalah harusnya Anda memiliki rasapercaya diri yang tinggi. Anda mampu melalui hal sulit dan melawan setan yangmengingat kita dengan tiga ikatan, kita tetap bangun dan tetap shalat tahajud.Artinya Anda sebenarnya mampu dan kemampuan mengatasi kesulitan dan hambatanini bisa Anda aplikasikan untuk hal lainnya.

Orang yang rajinbertahajud akan otomatis memiliki semangat pencapaian yang tinggi. Seorang yangmerasa terpanggil, tidak mungkin akan berbuat asal-asalan. Dia akan memberikanyang terbaik dan meraih pencapaian setinggi mungkin. Tentu saja, selama ituuntuk tujuan mulia.


Bermunajatlah pada Allah swt

Bismillahirrohmanirrohim,,,>Ya Alloh...ampunilah dosa kami... dosa yang telah kami lakukan sejak aqil balig sampai saat ini, dosa pebuatan / ucapan baik yang terasa /disengaja maupun yang tidak terasa/tidak disengaja...
>Ya Alloh... ampunilah dosa kami, kepada suami/istri kami, kepada anak-anak dan cucu kami, kepada saudara-saudara dan teman-teman kami serta kepada mahluk Alloh lainnya....
>Ya Robb, ampunilah dosa kami, kepada kedua orang tua kami yang kami kasihi sebagaimana dia mengasihi kami,dan ampunilah dosa kedua orang tua kami, berilah kesehatan dan kebahagiaan kepada mereka....
*Apabila alm.....
>Ya Alloh, ampunilah dosa kedua orang tua kami yang kami kasihi sebagaimana mereka mengasihi kami, terimalah amal ibadah dan iman Islamnya, lapangkan di alam kuburnya dan mudahkanlah jalan menuju surga.... aaamiiin.
>Ya Alloh ..kami bersyukur Engkau telah menitipkan iman dan taqwa kepada kami, sehingga kami selalu ingat hanya kepadaMu ya Robb....dan kami bersyukur atas nikmat yang telah Engkau berikan kepada kami,...
>Ya Robb..jauhkan kami dari godaan syetan yang Engkau kutuk dan dekatkan kami dengan orang-orang yang sholeh....
>Ya Alloh.....jika didalam diri kami ada mahluk yang karena perbuatan kami lakukan tidak sesuai dengan tuntunan al Qur'an dan sunnah Rosul, dengan ikhlas malam ini juga mohon agar Engkau keluarkan....
>Ya Alloh...jika diantara keluarga kami, anak2 kami, cucu kami dan saudara kami kaum mukmin ada yang tertinpa musibah, ujian/cobaan ya Goffar kami mohon agar dapat menerimanya dengan sabar, ikhlas dan tawaqal .... aamiin ya Robbal A'lamiin.
>Ya Alloh....mudahkanlah kami dalam mencari rizki yang halal dan thoyib agar supaya kami khusuk beribadah hanya kepadaMu dan sebagian agar dapat kami berikan di jalanMu …ya salam…
>Ya Alloh....jika diantara anak2 dan cucu2 kami sakit karena perbuatan kami sebagai orang tuanya... kami mohon ampun ya Robb.... dan kami mohon sembuhkan anak2 dan cucu2 kami.....
>Ya Alloh, Kurniakanlah kepada kami taubat yang sebenar-benarnya, yang dapat membersihkan jasmani dan ruhani kami, jadikan kami semua dalam rahmatMu, dan dalam keridhoanMu didalam menjalankan usaha apapun yg kami lakukan.Dan tingkatkanlah derajat kami menurut jejak langkah NABI, dan penuhilah kami dengan Cinta hanya kepadaMU...
>Ya Alloh, Jadikanlah kematian kami di atas agama-Nya, dan Makmurkan waktu kami dengan taqwa kepadaNya .....
>Ya Allah Jadikanlah aku, keluargaku,temanku,saudaraku,untuk selalu ingat kepada Mu hingga akhir hayat ..
Aaamiiin ya robbal'alamin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar