Sabtu, 08 November 2014

Sumur Zam-Zam dan Sejarah Penemuan Kembali

Sumur Zam-Zam dan Sejarah Penemuan Kembali
Assalamualaikum wr.wb.
Sumur Zam-zam yang sekarang ini kita kenal adalah sumur yang digali oleh Abdul Muthalib kakeknya Nabi Muhammad. Sehingga saat ini, dari “ilmu persumuran” maka sumur Zam-zam termasuk kategori sumur gali atau dug water well.
Awal muasal dimulai dengan salah satu wanita terhormat sepanjang masa, Hajar. Ibunda Nabi Ismail adalah wanita yang pertama memakai minthaq (ikat pinggang berekor). Beliau memakainya dengan tujuan untuk menghilangkan jejaknya dari Sarah. Nabi Ibrahim membawa Hajar dan anaknya, Ismail yang masih dalam usia menyusu ke tempat yang agak tinggi di pinggir mesjid dekat Baitullah persisnya di atas Zamzam.

Ketika itu di Mekah belum ada orang dan tidak ada air. Ibrahim menempatkan mereka berdua di sana dan meninggalkan sekantong kurma dan sekantong air untuk mereka. Nabi Ibrahim pergi meninggalkan mereka berdua. Tiba-tiba Hajar mengikutinya dan berkata, “Mau ke manakah engkau wahai Ibrahim?
Kau tinggalkan kami di lembah yang tidak ada manusia dan tidak ada sesuatupun?”

Pertanyaan itu terus diulang-ulang, tapi Ibrahim tidak menoleh dan tidak pula menjawab. Lalu Hajar bertanya, “Apakah Allah yang menyuruhmu berbuat demikian?”
Ibrahim menjawab, “Ya.”
Hajar berkata, “Kalau memang begitu kami tidak keberatan.”

Kemudian Hajar kembali dan Ibrahim meneruskan langkahnya, sampai di atas bukit, di mana keluarganya tidak dapat melihatnya lagi, beliau menghadap ke arah Baitullah, lalu mengangkat kedua tangannya seraya berdoa, “Ya Tuhan kami! Sesungguhnya aku telah menempatkan sebahagian keturunanku di lembah yang tidak mempunyai tanam-tanaman di dekat rumah-Mu (Baitullah) yang dihormati, ya Tuhan kami! semoga saja mereka tetap mendirikan salat, jadikanlah hati sebagian manusia cenderung kepada mereka dan berilah mereka rezki dari buah-buahan, mudah-mudahan mereka bersyukur.”
Ibunda Ismail minum dari kantong air untuk menyusukan anaknya, sampai suatu ketika air itupun habis dan anaknya kehausan. Dia melihat anaknya dengan penuh cemas, lalu dia pergi meninggalkannya karena tidak tega melihatnya kehausan. Dia pergi menuju bukit terdekat, yaitu bukit Safa lalu berdiri di atasnya dan memandang ke arah lembah di sekelilingnya apakah ada orang?

Ternyata tidak ada. Dia turun melewati lembah sampai ke bukit Marwah, dia berdiri di atasnya dan memandang apakah ada orang?Ternyata tidak ada. Dia melakukan demikian sebanyak tujuh kali.

Ketika berada di atas bukit Marwah dia mendengar ada suara, dia berkata kepada dirinya sendiri, “Diam!” Setelah diperhatikannya betul-betul ternyata memang dia mendengar suara, kemudian dia berkata, “Aku telah mendengar, apakah di sana ada air?”
Tiba-tiba dia melihat ada seorang malaikat dekat sumur Zamzam. Dia mengorek-orek tanah sampai tampak ada air yang bersumber dari bawah, lalu ia menciduk dengan tangannya dan dimasukkan ke dalam tempat air, setelah diciduk air tersebut justru malah memancar. Dia minum air tersebut dan menyusukan putranya, Ismail, lalu malaikat tersebut berkata kepadanya, “Jangan takut terlantar, sesungguhnya di sinilah Baitullah yang akan dibangun oleh anak ini (Ismail) bersama ayahnya, dan sesungguhnya Allah tidak akan menerlantarkan kekasihnya.”

Tidak lama kemudian datanglah orang-orang dan mereka turun di lembah Makkah, mereka melihat burung yang menjijikkan dan mereka berkata, “Burung ini berputar-putar di sekitar air, kami yakin di lembah ini ada air,” lalu mereka mengirim utusan, ternyata mereka mendapatkan air, mereka kembali dan memberitahukan kepada orang-orang yang mengutus mereka tentang adanya air, maka merekapun mendatanginya, dan meminta izin dari Ummu Ismail bahwa mereka akan mampir ke sana, diapun mempersilahkan dengan syarat bahwa mereka tidak berhak memiliki (sumber) air tersebut, merekapun setuju.

Penemuan kembali air Zam-Zam.....
Air zam-zam pernah lama dikubur dengan sengaja oleh suku Jurhum yang pernah terusir dari kota Mekkah. dan air zam-zam itupun terkubur untuk waktu yang begitu lama hingga ditemukan kembali oleh Abdul Muthalib. ketika Abdul Muthalib sedang tidur di Hijr Ismail., dan mendengar suara yang menyerukan menggali tanah.
" Galilah thayyibah ( yang baik ) "
" yang baik yang mana ? " tanyanya.

Esoknya, ketika tidur ditempat yang sama, ia kembali mendenagr suara yang sama, menyuruhnya menggali barrah ( yang baik ) ? ".
ia bertanya " benda yang baik yang mana ?" lalu dia pergi.

Keesokan harinya, ketika tidur ditempat yang sama di Hijr Ismail, Abdul Muthalib mendengar lagi suara yang sama, menyuruhnya menggali maah munnah ( sesuatu yang berharga ). ia bertanya " benda baik yang mana ? ".

Akhirnya dihari yang keempat dikatakan padanya " Galilah ZAm-Zam !".
Abdul Muthalib bertanya " Apa itu Zam-Zam ?".
ia mendapat Jawaban " Air yang tidak kering dan tidak meluap, yang dengannya engkau memberi minum para haji. Dia terletak diantara tahi binatang dan darah, berada dipatukan gagak yang hitam, berada disarang semut ".

Sesaat Abdul Muthalib bingung dengan tempatnya tersebut, sampai akhirnya ada kejelasan dengan melihat kejadian yang diisyaratkan kepadanya. Ia pun bergegas menggalinya. lalu ada orang-orang Quraisy bertanya kepadanya, " Apa yang engkau lakukan , hai Abdul Muthalib ? "
Dia menjawab, " Aku diperintahkan menggali zam-zam ", sampai akhirnya ia beserta anaknya , Harits mendapatkan apa yang diisyaratkan dalam mimpinya, menggali kembali sumur zam-zam yang telah lama dikubur dengan sengaja oleh suku Jurhum, tatkala mereka terusir dari kota Mekkah.

Keutamaan dan khasiat air zam-zam.....
Air zam-zam memiliki keutamaan dan khasiat seperti yang dijelaskan Rasullulah sallallahu wa salam dan para ulama yang disampaikan dengan beberapa dalil-dalil yang menunjukkan keutamaan air zam-zam diantaranya :
1. Dari Jabir dan Ibnu 'Abbas, Rasulullah sallallahu wa salam bersabda, " Air zam-zam tergantung niat orang yang meminumnya ".
2. Ibnu Taimiyyah berkata : ' Seseorang disunnahkan untuk meminum air zam-zam sampai benar-benar kenyang, dan berdo'a ketika meminumnya dengan doa-doa yang dikehendakinya. Tidak disunnahkan mandi dengannya ( menggunakan air zam-zam ).
3. Dari Ibnu 'Abbas , Rasulullah sallallahu 'alaihi wa salam bersabda " Sebaik-baik air yang terdapat di muka bumi adalah zam-zam. didalamnya terdapat makanan yang mengenyangkan dan penawar penyakit ".
4. Dari Hammam, dari Abi Jamrah ad-Duba'i, ia berkata : " Aku duduk bersama 'Ibnu 'Abbas di Mekkah, tatkala demam menyerangku. 'Ibnu 'Abbas mengatakan, " Sesungguhnya demam adalah dari panas Neraka Jahannam, maka dinginkanlah dengan air atau air zam-zam. "( HR. Bukhari )

Demikianlah penjelasan singkat tentang air zam- zam. Rasululullah sallallahu 'alaihi wa salam telah memberitahukan kepada kita dan membenarkahn khasiat dan keutamaan air yang tidak pernah kering tersebut, meskipun setiap hari diambil diambil oleh banyak manusia. Dengan mengetahui secara sepintas air zam-zam ini, maka hendaknya dapat meningkatkan dan memperkuat sandaran dan ketergantungan kita kepada Allah. yang Maha Penguasa, Tuhan Semesta Alam. wallahu a'lam.

Ilmiah
Sumur ini memiliki kedalaman sekitar 30.5 hingga 13.5 meter teratas menembus lapisan alluvium Wadi Ibrahim. Lapisan ini merupakan lapisan pasir yang sangat berpori. Lapisan ini berisi batupasir hasil transportasi dari lain tempat. Mungkin saja dahulu ada lembah yang dialiri sungai yang saat ini sudah kering. Atau dapat pula merupakan dataran rendah hasil runtuhan atau penumpukan hasil pelapukan batuan yang lebih tinggi topografinya.

Dibawah lapisan alluvial Wadi Ibrahim ini terdapat setengah meter lapisan yang sangat lulus air. Lapisan yang sangat lulus air inilah yang merupakan tempat utama keluarnya air-air di sumur Zam-zam. Kedalaman 17 meter kebawah selanjutnya, sumur ini menembus lapisan batuan keras yang berupa batuan beku diorit. Batuan beku jenis ini memang agak jarang dijumpai di Indonesia atau di Jawa, tetapi sangat banyak dijumpai di Jazirah Arab. Pada bagian atas batuan ini dijumpai rekahan-rekahan yang juga memiliki kandungan air. Dulu ada yang menduga retakan ini menuju laut Merah. Tapi belum ada laporan geologi yang menunjukkan hal itu.

Dari uji pemompaan sumur ini mampu mengalirkan air sebesar 11 – 18.5 liter/detik, hingga permenit dapat mencapai 660 liter/menit atau 40 000 liter per jam. Celah-celah atau rekahan ini salah satu yang mengeluarkan air cukup banyak. Ada celah yang memanjang kearah hajar Aswad dengan panjang 75cm denga ketinggian 30 cm, juga beberapa celah kecil kearah Shaffa dan Marwa.
Keterangan geometris lainnya, celah sumur dibawah tempat Thawaf 1.56 m, kedalaman total dari bibir sumur 30 m, kedalaman air dari bibir sumur 4 m, kedalaman mata air 13 m. Dari mata air sampai dasar sumur 17 m, dan diameter sumur berkisar antara 1.46 hingga 2.66 meter.

Kandungan
Elemen-elemen kimiawi yang terkandng dalam air Zamzam dapat dikelompokkan menjadi beberapa bagian:
1. positive ions seperti misal sodium (250 mg per litre), calcium (200 mg per litre), potassium (20 mg per litre), dan magnesium (50 mg per litre).
2. negative ions misalnya sulphur (372 mg per litre), bicarbonates (366 mg per litre), nitrat (273 mg per litre), phosphat (0.25 mg per litre) and ammonia (6 mg per litre).

Kandungan-kandungan elemen-elemen kimiawi inilah yang menjadikan rasa dari air Zamzam sangat khas dan dipercaya dapat memberikan khasiat khusus. Air yang sudah siap saji yang bertebaran disekitar Masjidil Haram dan Masjid Nabawi di Madinah merupakan air yang sudah diproses sehingga sangat aman dan segar diminum, ada yang sudah didinginkan dan ada yang sejuk. Konon prosesnya higienisasi ini tidak menggunakan proses kimiawi untuk menghindari perubahan rasa dan kandungan air ini.

Diambil dari : http://tenribualapangka.blogspot.com

Air zam zam
Rasulullah bersabda,"Air zam-zam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya" (HR.Ahmad.
Benar, aku mengetahui ini dengan sebenar-benarnya tentang kisah seoranglaki-laki asal Yaman, aku mengenalnya dan dia adalah sahabatku, dia adalahorang yang sudah tua, pandangan matanya sudah melemah... karena sebab usianyayang sudah lanjut, hampir saja ia tidak bisa melihat ! Ia selalu membacaAl-Qur'an, dan dia sangat bersemangat untuk selalu membacanya... dia selalumemperbanyak membacanya, di sisinya ada mushaf kecil; mushhaf kecil itu serasatidak ingin berpisah dengannya, akan tetapi karena melemahnya kekuatan matanya,apa yang harus ia perbuat?!

Ia pun berkata, "Katanyaair zam-zam itu bisa jadi obat, maka akupun mendatangi zam-zam itu, lalu akupun mengambil dan meminumnya, tiba-tiba aku pun mulai bisa melihat kembalitulisan mushhaf." Aku melihat ia pun mengambil mushhaf kecilnya dari sakudan membacanya. Ia pun berkata, "Ini berkat aku meminum air zam-zam itu.

Maka, .... wahai saudara-saudaraku yang mulia. Ini adalah hadits Rasulullah.Akan tetapi do'a syaratnya adalah pelakunya harus yakin doanya akan dikabulkan;ia memenuhi perintah Allah; orang yang berdo'a memenuhi syarat sebagaimanafirman Allah:Dan jika para hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku,maka jawablah bahwa Aku dekat; Aku mengabulkan do'anya orang-orang yang berdoa,maka hendaklah mereka memenuhi perintah-Ku dan mengimani Aku agar mereka mendapatbimbingan (Q.S. Al-Baqarah: 186)
Sumber: Anta Tas'al wa Syaikh Al-Zindani Yujib haula Al-I'jaz Al-Ilmiy fiiAl-Qur'an wa Al-Sunnah


KEAJAIBAN AIR ZAM-ZAM
Telaga air zam-zam yang kita ketahui sekarang, ditemukan oleh Siti Hajar, istri kedua Nabi Ibrahim a.s dan ibu dari anak Nabi Ibrahim yaitu Nabi Ismail.
Siti Hajar dan anak kecilnya Nabi Ismail kehausan di gurun pasir. Lalu Siti Hajar berlari-lari 7 kali antara bukit Safa dan Marwah untuk mendapatkan air untuk anaknya. Dan Allah mengutus malaikat Jibril untuk mengeluarkan air suci dari tengah-tengah padang pasir itu.
Lokasinya ialah tempat Nabi Ismail menghentak-hentak kaki dan menangis. Siti Hajar mengepung kawasan mata air itu dengan batu-batu dan memanggil zam-zam yang bermaksud 'kepung air'. Ketika itu Mekkah belum ada penduduk. Dan dari sinilah awal kemakmuran Mekkah.
Namun, tak banyak yang mengetahui bagaimana telaga zam-zam bisa mengeluarkan puluhan juta liter terutama saat musim haji dan tidak pernah kering walaupun sekali.
Pernah seorang ilmuwan diperintahkan oleh Raja Faisal untuk menyelidiki telaga zam-zam untuk menjawab tuduhan dari seorang doktor Mesir mengenai air Zam zam ini yang katanya tidak sehat untuk diminum.

Berapa Juta Liter Air Zam-Zam?
Berapa banyak air zam-zam yang 'dikuras' setiap kali musim haji? Mari kita hitung secara sederhana, jamaah haji yang datang dari seluruh pelosok dunia pada setiap musim haji dewasa ini berjumlah lebih kurang-lebih dua juta orang.

Semua jemaah diberi 5 liter air zam-zam ketika pulang ke tanah airnya, jika 2 juta orang membawa pulang masing-masing 5 liter air zam-zam ke negaranya, ini saja sudah jadi 10 juta liter.
Di samping itu selama berada di Mekkah kebanyakan jemaah tinggal selama 25 hari dan tiap orang menghabiskan 1 liter sehari, maka jumlahnya sudah 50 juta liter !

Keanehan Air Zam-Zam
Pada tahun 1971, seorang doktor dari Mesir mengatakan kepada media di Eropa bahwa air zam-zam tidak sehat untuk diminum. Pendapatnya berdasarkan bahwa kota Mekkah itu ada di bawah garis permukaan laut. Air Zam-zam itu berasal dari air sisa buangan penduduk kota Mekkah yang meresap, kemudian mengendap terbawa bersama-sama air hujan dan keluar di telaga air zam-zam. Masya Allah, tuduhan yang tak bernilai apapun.
Berita ini sampai ke telinga Raja Faisal yang kemudian memerintahkan Menteri Pertanian dan Sumber Air untuk menyelidiki masalah ini dan mengantar contoh air zam-zam ke laboratorium-laboratorium di Eropa untuk dites.
Tariq Hussain seorang ahli kimia yang bekerja di Institut Peresapan Air Laut untuk air minum di Jeddah, mendapat tugas menyelidikinya.
Pada saat memulai tugasnya, Tariq belum ada gambaran bagaimana telaga air zam-zam bisa menyimpan air yang begitu banyak seperti tidak ada habisnya.
Ketika sampai di dalam sumur, Tariq amat terkejut saat melihat bahwa ukuran “kolam” telaga itu hanya 18 x 14 kaki saja (kira-kira 5 x 4 meter).
Tidak terbayang bagaimana telaga sekecil ini mampu mengeluarkan jutaan liter air setiap kali musim haji, dan ini terjadi sejak ribuan tahun yang lalu sejak zaman Nabi Ibrahim As.
Penyelidikan menunjukkan bahwa mata air zam-zam mampu mengeluarkan air sebanyak 11 - 18 liter per detik, dengan demikian setiap menit 660 liter air akan dihasilkan, itulah yang mencengangkan.

Tariq mulai mengukur kedalaman air telaga dengan meminta pembantunya masuk ke dalam air, ternyata air telaga itu hanya mencapai sedikit di atas bahu pembantunya yang tinggi tubuhnya 1,7 meter.
Lalu dia menyuruh pembantunya tadi untuk memeriksa, apakah mungkin ada lubang atau saluran pipa di dalamnya. Setelah memeriksa dari satu tempat ke tempat lainnya, ternyata tidak menemui apapun !
Dia berfikir mungkin saja air telaga ini diambil dari luar melalui saluran air minum berkapisitas besar, jika itu keadaannya maka dia bisa melihat turun-naiknya permukaan air secara tiba-tiba. Tetapi dugaannya meleset, Tariq tidak menemui gerakan air yang mencurigakan, juga tidak menemui ada alat yang dapat mendatangkan air dalam jumlah besar.
Selanjutnya dia minta pembantunya masuk lagi ke dalam telaga, lalu menyuruh berdiri dan diam di tempatnya sambil mengamati sekelilingnya. Perhatikan dengan cermat dan laporkan apa yang terjadi walau sekecil apapun, setelah melakukan proses ini dengan cermat, pembantunya tiba-tiba mengangkat kedua tangannya sambil berteriak: “Alhamdulillah, saya merasakan sesuatu ! Pasir halus menari-nari di bawah telapak kakiku, dan air itu keluar dari dasar telaga”.
Lalu pembantunya diminta berputar mengelilingi telaga ketika tiba waktunya penyedotan air oleh pompa. Dia merasakan bahwa air yang keluar dari dasar telaga sama besarnya seperti sebelum pemompaan. Aliran air yang keluar besarnya sama di setiap titik di semua kawasan, ini menyebabkan permukaan telaga itu stabil tidak ada goncangan yang besar.
 

Mengandung Zat Anti Kuman
Hasil penyelidikan contoh air zam zam di Eropa dan Arab Saudi menunjukkan bahwa air zam-zam mengandungi zat fluorida yang efektif membunuh kuman, seolah sudah mengandung obat.
Lalu perbedaan air zam-zam dibandingkan dengan air telaga lain di Mekkah dan sekitar Arab adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zam-zam, mungkin inilah mengapa air zam-zam menyegarkan jemaah yang keletihan.
Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil dari sejak terbentuknya telaga ini. “Rasanya” selalu terjaga, diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang setiap tahun.
Bisa Menyembuhkan Penyakit
Nabi Saw menjelaskan: ”Sesungguhnya, air zam-zam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandungi gizi”.
Nabi Saw menambahkan: “Air zam-zam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).
Rasulullah (saw) pernah mengambil air zam-zam dalam sebuah kendi dan bekas kulit, kemudian membawanya kembali ke Madinah dan air zam-zam itu digunakan Rasulullah (saw) untuk memercikkan kepada orang sakit dan kemudian disuruh meminumnya.

Dalam penyelidikan ilmiah yang dilakukan di laboratorium Eropa, terbukti bahwa air zamzam memang lain dari yang lain. Kandungan airnya berbeda dengan telaga-telaga yang ada di sekitar Mekkah. Ini kesimpulannya:
  1. Kadar kalsium dan garam magnesiumnya lebih tinggi dibanding telaga lain, berkhasiat untuk menghilangkan rasa haus dan untuk penyembuhan.
  2. Air zam-zam juga mengandungi zat fluorida yang berkhasiat membunuh kuman-kuman yang terdapat dalam kandungan airnya.
  3. Yang juga menakjubkan adalah tidak ada sedikit pun lumut di telaga ini. Air zam-zam bebas dari pencemaran kuman.
  4. Ajaibnya lagi, pada saat semua telaga air di sekitar Mekkah dalam keadaan kering, telaga air zam-zam ini tetap berair. Dan air zam-zam memang tidak pernah kering sepanjang zaman.

Banyak ulama fiqih menyarankan agar jamaah haji membawa pulang air zam-zam ke negaranya, karena air zam-zam bisa sebagai obat untuk penyembuhan. Ini terbukti !!! Jamaah haji dari Indonesia maupun negara lain sudah pernah merasakan keajaiban air zam-zam ini.

Molekul Air Apakah Ini?
Di sebuah hotel di Kuala Lumpur, Malaysia, Dr. Masaru Emoto dari Universitas Yokohama, Jepang, memaparkan hasil risetnya mengenai air yang ditulisnya dalam buku “The True Power of Water.” Sejumlah slide kristal molekul air dari berbagai sumber, seperti air dari mata air, sungai, laut, telaga dsb. ditayangkan pada kesempatan itu.
Beberapa molekul air yang ditelitinya berbentuk tak teratur, kecuali molekul air zam-zam. Susunan molekul air zam-zam berstruktur sangat indah, teratur, cantik bak berlian yang berkilauan, dan memancarkan lebih dari 12 warna jika dibekukan. Rangkaian bentuk heksagonal-nya sangat indah, cemerlang berkilau dan penuh warna ketika dibacakan ayat yang mulia. Ada satu kristal air yang nampak paling indah dan cantik, berbentuk seperti bunga atau cakra, bagaikan bertahta berlian mutu manikam, berkilau-kilau memancarkan belasan warna.

“Molekul air apakah ini?” Tanya Masaru Emoto.

Suasana mendadak senyap, hadirin nampak terpana dan tak tahu persis kristal molekul apa gerangan. Namun tiba-tiba seorang dosen dari Universitas Malaysia mengacungkkan tangan, “mungkin itu adalah molekul air Zam zam.”

Dr. Masaru Emoto balik bertanya, “Mengapa Anda berpendapat bahwa itu adalah molekul air zam-zam?”

Kata dosen itu, “Sebab air zamzam adalah air yang paling mulia di dunia ini, jadi wajar kalau ia memiliki molekul berupa berlian yang berpendar indah.” Ternyata dugaan dosen itu benar. Itu memang air zam-zam. Penelitian Dr. Masaru Emoto telah menunjukkan bahwa air zam zam memiliki molekul air paling cantik dan indah di antara air lainnya.


Khasiat Air Zam-Zam
Air zam-zam merupakan salah satu bahan yang dijadikan obat pada berbagai pengobatan, terutama pengobatan thibbun nabawi seperti klinik terapi bekam, diantara yang menjadi dasarnya adalah hadits :
“Sesungguhnya air zam-zam adalah air yang diberkahi, air tersebut adalah makanan yang mengenyangkan.” HR. Muslim dalam Kitab Keutamaan Para Sahabat, Bab Keutamaan Abu Dzar, no. 4520.
“Air zam-zam adalah obat dari rasa sakit (obat penyakit).” HR. Abu Daud Ath Thoyalisiy dalam musnadnya no. 459.
Hadits Air Zam-Zam tersebut di atas menunjukkan khasiat air zam-zam. Air tersebut bisa menjadi makanan yang mengenyangkan dan bisa pula menjadi obat penyakit. Air zam-zam juga adalah air yang penuh keberkahan.
Beberapa khasiat lainnnya dari air zam-zam adalah :

1. Nutrisi dan kekuatan bagi ibu hamil
2. Memperbanyak dan memperbaiki kualitas ASI
3. Membersihkan wajah dan jerawat
4. Membersihkan dan menajamkan pandangan mata (pengobatan mata)
5. Menangkal pengaruh sihir
6. Mengenyangkan perut
7. Memperbaiki pencernaan
8. Melancarkan peredaran darah
9. Melancarkan Buang Air Besar
10. Energi dan meningkatkan stamina

“Sebaik-baik air di muka Bumi adalah air zam-zam, di dalamnya ada makanan yang mengenyangkan dan obat yang menyembuhkan penyakit.” (Thabrani dan Ibnu Hibban). Maha suci Allah Ta’ala dengan segala ciptaannya.

(Abdul Fatah, S.Pd, diramu dari berbagai sumber)

Artikel ini disimpan dalam koleksi materi Quran-Sains di mutiararahmah.com.
Khasiat air Zam-zam sesuai dengan tujuannya
Rasulullah bersabda,: "Air zam-zam adalah sesuai dengan tujuan orang yang meminumnya" (HR. Ahmad).
Benar, aku mengetahui ini dengan sebenar-benarnya tentang kisah seorang laki-laki asal Yaman, aku mengenalnya dan dia adalah sahabatku, dia adalah orang yang sudah tua, pandangan matanya sudah melemah... karena sebab usianya yang sudah lanjut, hampir saja ia tidak bisa melihat !
Ia selalu membaca Al-Qur'an, dan dia sangat bersemangat untuk selalu membacanya... dia selalu memperbanyak membacanya, di sisinya ada mushaf kecil; mushhaf kecil itu serasa tidak ingin berpisah dengannya, akan tetapi karena melemahnya kekuatan matanya, apa yang harus ia perbuat?
Ia pun berkata, "Katanya air zam-zam itu bisa jadi obat, maka akupun mendatangi zam-zam itu, lalu aku pun mengambil dan meminumnya, tiba-tiba aku pun mulai bisa melihat kembali tulisan mushhaf."
Aku melihat ia pun mengambil mushhaf kecilnya dari saku dan membacanya.
Ia pun berkata, "Ini berkat aku meminum air zam-zam itu.
Maka, .... wahai saudara-saudaraku yang mulia. Ini adalah hadits Rasulullah. Akan tetapi do'a syaratnya adalah pelakunya harus yakin doanya akan dikabulkan; ia memenuhi perintah Allah; orang yang berdo'a memenuhi syarat sebagaimana firman Allah:
"Dan jika para hamba-Ku bertanya kepadamu (Muhammad) tentang Aku, maka jawablah bahwa Aku dekat; Aku mengabulkan do'anya orang-orang yang berdoa, maka hendaklah mereka memenuhi perintah-Ku dan mengimani Aku agar mereka mendapat bimbingan" (Q.S. Al-Baqarah: 186)
Sumber: Anta Tas'al wa Syaikh Al-Zindani Yujib haula Al-I'jaz Al-Ilmiy fii Al-Qur'an wa Al-Sunnah
KEAJAIBAN AIR ZAM-ZAM
Tak tak banyak yang tahu bagaimana caranya sumur zam-zam bisa mengeluarkan puluhan juta liter pada satu musim haji, tanpa pernah kering satu kali pun. Seorang peneliti pernah diperintahkan raja Faisal menyelidiki sumur zam-zam untuk menjawab tuduhan kotor seporang doktor dari Mesir.

Di Mekah kita tak perlu khawatir dengan air minum. Di setiap sudut masjidil Haram kita bisa menemukan air zam zam, lengkap dengan cangkir sekali pakainya. Tinggal pijit, langsung bisa diminum, dan gratis lagi. Di area Masjidilharam, di tempat tawaf, tempat sa’i, di halaman masjid selalu tersedia air yang berkhasiat ini. Ketika pulang dari Masjidilharam, banyak jamaah mengisi dulu botol airnya dengan zamzam lalu ditenteng ke pemondokan. Lumayan, menghemat uang Real, tak perlu belanja air mineral atau memasak air di dapur.

Berapa Juta Liter air zamzam?
Berapa banyak air zam-zam yang di “kuras” setiap musim haji? Mari kita hitung secara sederhana. Jamaah haji yang berdatangan dari seluruh penjuru dunia pada setiap musim haji dewasa ini berjumlah sekitar dua juta orang. Semua jemaah diberi 5 liter air zam-zam ketika pulang nanti ke tanah airnya. Kalau 2 juta orang membawa pulang masing-masing 5 liter zam-zam ke negaranya, itu saja sudah 10 juta liter. Disamping itu selama di Mekah, kalau saja jamaah rata-rata tinggal 25 hari, dan setiap orang menghabiskan 1 liter sehari, maka totalnya sudah 50 juta liter !!. Ini hanya gambaran saja, betapa luar biasanya air zamzam ini dikonsumsi manusia, tanpa pernah kering!

Itulah salah satu keanehannya. Puluhan juta liter air bisa keluar dari sumur di Mekah ini yang letaknya di tengah padang pasir yang kering. Daerah gurun yang hujannya saja cuma 2 kali setahun. Dan air itu keluar dari sumur air yang hanya seukuran sekitar 5 x 4 meter sedalam 40an meter, bukan dari bendungan seukuran Waduk Ombo misalnya. Allahu akbar.

Keanehan air Zamzam
Pada tahun 1971, seorang doktor dari negeri Mesir mengatakan kepada Press Eropah bahwa air Zamzam itu tidak sehat untuk diminum. Asumsinya didasarkan bahwa kota Mekah itu ada di bawah garis permukaan laut. Air Zamzam itu berasal dari air sisa buangan penduduk kota Mekah yang meresap, kemu dian mengendap terbawa bersama-sama air hujan dan keluar dari sumur Zamzam. Masya Allah.

Tentu saja ini merupakan prasangka buruk yang merugikan dunia Islam. Berita ini sampai ke telinga Raja Faisal yang amat marah mendengarnya. Beliau lalu memerintahkan Mentri Pertanian dan Sumber Air untuk menyelidiki masalah ini, dan mengirimkan sampel air Zamzam ke Laboratorium-laboratorium di Eropah untuk ditest.

Tariq Hussain, insinyur kimia yang bekerja di Instalasi Pemurnian Air Laut untuk diminum, di Kota Jedah, mendapat tugas menyelidikinya. Pada saat memulai tugasnya, Tariq belum punya gambaran, bagaimana sumur Zamzam bisa menyimpan air yang begitu banyak seperti tak ada batasnya.

Hanya Sumur kecil
Ketika sampai di dalam sumur, Tariq amat tercengang ketika menyaksikan bahwa ukuran “kolam” sumur itu hanya 18 x 14 feet saja (Kira-kira 5 x 4 meter). Tak terbayang, bagaimana caranya sumur sekecil ini bisa mengeluarkan jutaan galon air setiap musim hajinya. Dan itu berlangsung sejak ribuan tahun yang lalu, sejak zaman Nabi Ibrahim AS.

Tariq mulai mengukur kedalaman air sumur. Dia minta asistennya masuk ke dalam air. Ternyata air sumur itu hanya mencapai sedikit di atas bahu pembantunya yang tinggi tubuhnya 5 feet 8 inci. Lalu dia menyuruh asistennya untuk memeriksa, apakah mungkin ada cerukan atau saluran pipa di dalamnya. Setelah berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya, ternyata tak ditemukan apapun!.

Dia berpikir, mungkin saja air sumur ini disuppli dari luar melalui saluran pompa berkekuatan besar. Bila seperti itu keja dian nya, maka dia bisa melihat turun-naiknya permukaan air secara tiba-tiba. Tetapi dugaan inipun tak terbukti. Tak ditemukan gerakan air yang mencurigakan, juga tak ditemukan ada alat yang bisa mendatangkan air dalam jumlah besar.

Selanjutnya Dia minta asistennya masuk lagi ke dalam sumur. Lalu menyuruh berdiri, dan diam ditempat sambil mengamati sekelilingnya. Perhatikan dengan sangat cermat, dan laporkan apa yang terjadi, sekecil apapun. Setelah melakukan proses ini dengan cermat, asistennya tiba-tiba mengacungkan kedua tanganya sambil berteriak: “Alhamdulillah, Saya temukan dia! Pasir halus menari-nari di bawah telapak kakiku. Dan air itu keluar dari dasar sumur”.

Lalu asistennya diminta berputar mengelilingi sumur ketika tiba saat pemompaan air (untuk dialirkan ke tempat pendistribusian air) berlangsung. Dia merasakan bahwa air yang keluar dari dasar sumur sama besarnya seperti sebelum periode pemompaan. Dan aliran air yang keluar, besarnya sama di setiap titik, di semua area. Ini menyebabkan permukaan sumur itu relatif stabil, tak ada guncangan yang besar

Seusai pengamatan itu, Tariq mengirimkan sampel air ke beberapa laboratorium di Eropah dan sebagian ke laboratorium di Saudi. Dan sebelum meninggalkan Ka’bah, dia berpesan kepada petugas di Mekah untuk menyelidiki keadaan sumur lainnya di sekitar Ka’bah.

Sesampainya di kantornya di Jedah, dia mendapat laporan bahwa sumur-sumur lain di sekitar Mekah dalam keadaan kering. Jadi hanya sumur Zamzam yang penuh air. Allahu Akbar. Jika Allah menghendaki, apapun bisa terjadi.

Mengandung zat Anti Kuman
Hasil penelitian sampel air di Eropah dan Saudi Arabia menunjukkan bahwa Zamzam mengandung zat fluorida yang punya daya efektif membunuh kuman, layaknya seperti sudah mengandung obat. Lalu perbedaan air Zamzam dibandingkan dengan air sumur lain di kota Mekah dan Arab sekitarnya adalah dalam hal kuantitas kalsium dan garam magnesium. Kandungan kedua mineral itu sedikit lebih banyak pada air zamzam. Itu mungkin sebabnya air zamzam membuat efek menyegarkan bagi jamaah yang kelelahan. Tambahan lagi, hasil laboratorium Eropah menunjukkan bahwa zamzam layak untuk diminum, sehat untuk diminum. Ini otomatis menjawab prasangka buruk doktor di awal tulisan tadi.

Keistimewaan lain, komposisi dan rasa kandungan garamnya selalu stabil, selalu sama dari sejak terbentuknya sumur ini. “Rasanya” selalu terjaga, diakui oleh semua jemaah haji dan umrah yang selalu datang tiap tahun. Tak pernah ada yang complain. Dan Air zamzam ini tak pernah dicampur bahan kimia apapun seperti layaknya air PAM kita. Murni air sehat.

Satu kehebatan lagi, sumur air zamzam tak pernah ditumbuhi lumut, padahal di seluruh dunia sumur itu selalu ditumbuhi lumut dan tumbuhan mikroorganisme.

Bisa Menyembuhkan Penyakit
Diriwayatkan dalam Sahih Muslim, Nabi bertanya kepada Abu Dzarr, yang telah tinggal selama 30 hari siang malam di sekitar Ka’bah tanpa makan-minum, selain Zamzam. “Siapa yang telah memberimu makan?”. “Saya tidak punya apa-apa kecuali air Zamzam ini, tapi saya bisa gemuk dengan adanya gumpalan lemak di perutku” Abu Dzarr menjelaskan, “Saya juga tidak merasa lelah atau lemah karena lapar, dan tak menjadi kurus”. Tambah Abu Dzarr. Lalu Nabi saw menjelaskan: ”Sesungguhnya, Zamzam ini air yang sangat diberkahi, ia adalah makanan yang mengandung gizi”.

Nabi saw menambahkan: “Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya. Jika engkau minum dengan maksud supaya merasa kenyang, maka Allah mengenyangkan engkau. Jika engkau meminumnya agar hilang rasa hausmu, maka Allah akan menghilangkan dahagamu itu. Ia adalah air tekanan tumit Jibril, minuman dari Allah untuk Ismail”. (HR Daruqutni, Ahmad, Ibnu Majah, dari Ibnu Abbas).

Rasulullah saw pernah mengambil air zamzam dalam sebuah kendi dan tempat air dari kulit, kemu dian membawanya kembali ke Madinah. Air zamzam itu digunakan Rasulullah saw untuk memerciki orang sakit dan kemu dian disuruh meminumnya. Itu sebabnya saat ini banyak jamaah yang membawa air zamzam untuk diberikan kepada famili dan kerabatnya di Tanah air.

Yusria Abdel-Rahman Haraz dari negeri Arab, mengatakan bahwa ia terserang penyakit “bisul” di matanya. Sakitnya bukan main, tak bisa disembuhkan dengan obat. Dia hampir mendekati buta. Seorang dokter terkenal menasehati dia untuk diinjeksi dengan obat khusus, yang mungkin bisa menyembuhkan sakitnya. Tapi ternyata ada efek sampingannnya yang bisa membuat dia buta selamanya.

Yusria sangat yakin akan kemurahan Allah. Dia lalu pergi melaksanakan umrah dan memohon kepada Allah menyembuhkan penyakitnya. Di Baitullah dia melakukan tawaf, yang saat itu tak terlalu padat dengan manusia. Dia lalu bisa tinggal lebih lama di lokasi air zamzam. Dia manfaatkan untuk terus membasuh kedua matanya yang sakit. Ketika dia kembali ke hotel, aneh, kedua matanya yang sakit menjadi sembuh, dan bisulnya berangsur hilang.

Kejadian ini membuktikan ucapan Rasulullah saw di atas:” Air zamzam bermanfaat untuk apa saja yang diniatkan ketika meminumnya. Jika engkau minum dengan maksud agar sembuh dari penyakitmu, maka Allah menyembuhkannya.

Wallohu a’lam.

Demikianlah beberapa khasiat air Zamzam. Manfaatkanlah sebaik-baiknya keistimewaan Zamzam ini ketika kita meminumnya di Mekah waktu ziarah nanti, atau ketika kita dihadiahi kerabat, teman kita, yang baru pulang dari Tanah Suci. Dianjurkan membaca do’a dulu sebelum meminumnya. Insya allah berkah.

Tabloid HAJI, Agustus 2005.
AIR MATA MEMBAWA RAHMAT*
Assalamualaikum wr.wb          
Nabi saw bersabda, :“Tidak akan masuk neraka seseorang yang menangis karena merasa takut kepada Allah sampai susu [yang telah diperah] ...bisa masuk kembali ke tempat keluarnya.” (HR. Tirmidzi [1633]).
Rasulullah saw juga bersabda, “Ada tujuh golongan yang akan dinaungi oleh Allah pada hari ketika tidak ada naungan kecuali naungan-Nya;
[1] seorang pemimpin yang adil,
[2] seorang pemuda yang tumbuh dalam [ketaatan] beribadah kepada Allah ta’ala,
[3] seorang lelaki yang hatinya bergantung di masjid,
[4] dua orang yang saling mencintai karena Allah; mereka berkumpul dan berpisah karena-Nya,
[5] seorang lelaki yang diajak oleh seorang perempuan kerkedudukan dan cantik [untuk berzina] akan tetapi dia mengatakan, ‘Sesungguhnya aku takut kepada Allah’,
[6] seorang yang bersedekah secara sembunyi-sumbunyi sampai-sampai tangan kirinya tidak tahu apa yang diinfakkan oleh tangan kanannya, dan
[7] seorang yang mengingat Allah di kala sendirian sehingga kedua matanya mengalirkan air mata (menangis).” (HR. Bukhari [629] dan Muslim [1031]).

Rasulullah saw juga bersabda,“Ada dua buah mata yang tidak akan tersentuh api neraka; mata yang menangis karena merasa takut kepada Allah, dan mata yang berjaga-jaga di malam hari karena menjaga pertahanan kaum muslimin dalam [jihad] di jalan Allah.” (HR. Tirmidzi [1639], disahihkan Syaikh al-Albani dalam Sahih Sunan at-Tirmidzi [1338]).

Nabi saw bersabda,“Tidak ada yang lebih dicintai oleh Allah selain dua jenis tetesan air dan dua bekas [pada tubuh]; yaitu tetesan air mata karena perasaan takut kepada Allah, dan tetesan darah yang mengalir karena berjuang [berjihad] di jalan Allah. Adapun dua bekas itu adalah; bekas/luka pada tubuh yang terjadi akibat bertempur di jalan Allah dan bekas pada tubuh yang terjadi karena mengerjakan salah satu kewajiban yang diberikan oleh Allah.” (HR. Tirmidzi [1669] disahihkan oleh Syaikh al-Albani dalam Sahih Sunan at-Tirmidzi [1363])

Abdullah bin Umar ra mengatakan, :“Sungguh, menangis karena takut kepada Allah itu jauh lebih aku sukai daripada berinfak uang seribu dinar!”.

Ka’ab bin al-Ahbar  mengatakan, “Sesungguhnya mengalirnya air mataku sehingga membasahi kedua pipiku karena takut kepada Allah itu lebih aku sukai daripada aku berinfak emas yang besarnya seukuran tubuhku.”

Ibnu Mas’ud ra mengatakan; suatu ketika Nabi saw berkata kepadaku,“Bacakanlah al-Qur’an kepadaku.” Maka kukatakan kepada beliau, “Wahai Rasulullah, apakah saya bacakan al-Qur’an kepada anda sementara al-Qur’an itu diturunkan kepada anda?”. Maka beliau saw menjawab, “Sesungguhnya aku senang mendengarnya dibaca oleh selain diriku.” Maka akupun mulai membacakan kepadanya surat an-Nisaa’. Sampai akhirnya ketika aku telah sampai ayat ini, “Lalu bagaimanakah ketika Kami datangkan saksi bagi setiap umat dan Kami jadikan engkau sebagai saksi atas mereka.” (QS. an-Nisaa’ : 40). Maka beliau berkata, “Cukup, sampai di sini saja.” Lalu aku pun menoleh kepada beliau dan ternyata kedua mata beliau mengalirkan air mata.” (HR. Bukhari [4763] dan Muslim [800]).

Dari Ubaidullah bin Umair , suatu saat dia pernah bertanya kepada Aisyah ra , “Kabarkanlah kepada kami tentang sesuatu yang pernah engkau lihat yang paling membuatmu kagum pada diri Rasulullah saw ?”. Maka ‘Asiyah pun terdiam lalu mengatakan, “Pada suatu malam, beliau saw berkata, ‘Wahai Aisyah, biarkanlah malam ini aku sendirian untuk beribadah kepada Rabbku.’ Maka aku katakan, ‘Demi Allah, sesungguhnya saya sangat senang dekat dengan anda. Namun saya juga merasa senang apa yang membuat anda senang.’ Aisyah menceritakan, ‘Kemudian beliau saw bangkit lalu bersuci dan kemudian mengerjakan shalat.’ Aisyah berkata,‘Beliau terus menerus menangis sampai-sampai basahlah bagian depan pakaian beliau!’. Aisyah mengatakan, ‘Ketika beliau duduk (dalam shalat) maka beliau saw masih terus menangis sampai-sampai jenggotnya pun basah oleh air mata!’. Aisyah melanjutkan,". Kemudian beliau saw terus menangis sampai-sampai tanah [tempat beliau shalat] pun menjadi ikut basah [karena tetesan air mata]!”. Lalu datanglah Bilal untuk mengumandangkan adzan shalat (Subuh). Ketika dia melihat Rasulullah saw menangis, Bilal pun berkata,‘Wahai Rasulullah, anda menangis?, padahal Allah telah mengampuni dosa anda yang telah berlalu maupun yang akan datang?!’. Maka Nabi pun menjawab, ‘Apakah aku tidak ingin menjadi hamba yang pandai bersyukur?! Sesungguhnya tadi malam telah turun sebuah ayat kepadaku, sungguh celaka orang yang tidak membacanya dan tidak merenungi kandungannya! Yaitu ayat (yang artinya), “Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi….dst sampai selesai” (QS. Ali Imran : 190).” (HR. Ibnu Hiban 2/386, dll].Disahihkan Syaikh al-Albani dalam Sahih at-Targhib [1468] dan ash-Shahihah [68]).

Mu’adz ra pun suatu ketika pernah menangis tersedu-sedu. Kemudian ditanyakan kepadanya, “Apa yang membuatmu menangis?”. Maka beliau menjawab, “Karena Allah ‘azza wa jalla hanya mencabut dua jenis nyawa. Yang satu akan masuk surga dan satunya akan masuk ke dalam neraka. Sedangkan aku tidak tahu akan termasuk golongan manakah aku di antara kedua golongan itu?”.

Al-Hasan al-Bashri rh pun pernah menangis, dan ditanyakan kepadanya, “Apa yang membuatmu menangis?”. Maka beliau menjawab, “Aku khawatir besok Allah akan melemparkan diriku ke dalam neraka dan tidak memperdulikanku lagi.”

Abu Musa al-Asya’ri ra suatu ketika memberikan khutbah di Bashrah, dan di dalam khutbahnya dia bercerita tentang neraka. Maka beliau pun menangis sampai-sampai air matanya membasahi mimbar! Dan pada hari itu orang-orang (yang mendengarkan) pun menangis dengan tangisan yang amat dalam.

Abu Hurairah ra menangis pada saat sakitnya [menjelang ajal]. Maka ditanyakan kepadanya, “Apa yang membuatmu menangis?!”. Maka beliau menjawab, “Aku bukan menangis gara-gara dunia kalian [yang akan kutinggalkan] ini. Namun, aku menangis karena jauhnya perjalanan yang akan aku lalui sedangkan bekalku teramat sedikit, sementara bisa jadi nanti sore aku harus mendaki jalan ke surga atau neraka, dan aku tidak tahu akan ke manakah digiring diriku nanti?”.

Suatu malam al-Hasan al-Bashri rh terbangun dari tidurnya lalu menangis sampai-sampai tangisannya membuat segenap penghuni rumah kaget dan terbangun. Maka mereka pun bertanya mengenai keadaan dirinya, dia menjawab, “Aku teringat akan sebuah dosaku, maka aku pun menangis.”

Kalau al-Hasan al-Bashri saja menangis sedemikian keras karena satu dosa yang diperbuatnya, lalu bagaimanakah lagi dengan orang yang mengingat bahwa jumlah dosanya tidak dapat lagi dihitung dengan jari tangan dan jari kaki? Laa haula wa laa quwwata illa billah!

Alangkah jauhnya akhlak kita dibandingkan dengan akhlak para salafush shalih? Beginikah seorang salafi, wahai saudaraku? Tidakkah dosamu membuatmu menangis dan bertaubat kepada Rabbmu? “Apakah mereka tidak mau bertaubat kepada Allah dan meminta ampunan kepada-Nya?
Sementara Allah Maha pengampun lagi Maha penyayang.” (lihat QS. al-Maa’idah : 74).

Moga bermanfaat , dan Moga bisa menangis di tengah malam dikala orang tertidur lelap , sedangkan kita berlinang air mata memohon ampunan-Nya ..aamiin.

SILAHKAN TAG/CP

Air mata Istimewa
Betapa banyak air mata yang pernah ditumpahkan oleh perempuan sepanjang sejarah. Andai semuanya dikumpulkan, maka akan menghasilkan lautan. Kendati demikian, tidak semuanya air mata istimewa dan tidak semuanya pula diperuntukkan bagi sosok special.  Keharuan demikian hebat mengapung saat Ibnu Umar bertanya : ”Ceritakanlah kepada kami hal yang mempesona bagimu pada diri Rasulullah saw ?” Suami tercinta sudah wafat, namun kenangan manis mengepung hati sehingga jawaban awal hanyalah tangisan rindu. Isak tangisnya berbuncah kerinduan. Sangatlah rindu ! Aisyah perlahan mengusap kristal hangat yang meleleh di pipi.Tetapi air suci itu umpama bendungan jebol. Sulit ditahan, susah disembunyikan. Disela isakan itu, terdengar suara teramat lirih, “ KANA KULLU AMRIHI AJABA (semua perilakunya menakjubkan).

Menakjubkan karena sebagai istri, Aisyah selalu merasa memiliki suami dua puluh empat jam sehari. Menakjubkan sebab kehadirannya senantiasa membawa kehangatan hati. Menakjubkan karena beliau sangat mengerti cinta seperti apa yang didamba istri.Kenangan tersebut tidak saja indah ketika senang, bahkan kesusahan hidup menghadirkan bahagia. Wajar bila Aisyah mengakui secara jujur tidak bisa memilah lagi mana yang paling berkesan. Kecuali mengakui keterpesonaan sempurna atas semua budi pekerti mulianya. Jatuh bangun, pahit getir, dan susah senang dalam berjuang tetap menjadi nostalgia terindah. Karena segala yang dipersembahkan Rasulullah untuk keluarganya benar– benar mengagumkan. Beliau tidak mencurahkan harta melimpah ruah, tapi melimpahkan segala – galanya berbingkai ketulusan dan perlakuan amat bermartabat.

Ya ! sebagai Istri, Aisyah tahu persis perangai suami dari pagi sampai malam. Dia pula yang benar – benar merasakan ketinggian budi pekerti. Kini rindu itu menggelora. Ooooh… andaikan masih ada waktu untuk mereguk cinta !

Saudariku…. Airmata juga meleleh dipipi seorang muslimah tangguh.
Sumarni tak kuasa menahan kristal hangat yangmengalir dipipi. Suaminya, Ustadz Rahmat Abdullah sudah kembali ke haribaanIllahi. Keikhlasan atas kepergian justru membuahkan air mata, rindu, kagum ,bangga dan bahagia. Kesibukan suaminya meliputi urusankeselamatan umat, dai yang tiada kenal lelah, anggota legislative, dan seabrekkegiatan padat lainnya. Namun , ustadz Rahmat benar – benar melimpahkan rahmatbagi istri dan keluarga tercinta. Hingga kematian tak bisa memupus keindahanyang telah terpancang dihati. Lelah,
Ustadz rahmat sering mengerjakan sendiri pekerjaan rumah tangga. Termasuk membuatkan teh untuk keluarga. Juga mengajak minum secangkir berdua bagi kekasih hatinya. Dia rajin mencarikan tempat makan istimewa bagi istri tercinta. Kedua sejoli diusai senja masih sempat jalan pagi setiap sabtu usai sholat shubuh.

Pernah sumarni (istrinya) mengutarakan kesukaan pada bunga Anggrek. Tak lama kemudian, suami segera membawakannya lengkap dengan tanah, pupuk, dan obat untuk bunga itu. Pulang dari aktivitas, tidak lupa menenteng oleh-oleh. Meski hanya goreng singkong, tapi nikmatnya luar biasa karena dibumbui oleh cinta. Guna meningkatkan intelektualitasnya , ia senang membelikan buku untuk anak dan istrinya,

Jika sumarni sakit, telepon darisang suami sering berdering menghibur hati. Tujuh orang anak juga senangbercanda dengan abi-nya. Tidak ada tembok pembatas kasih sayang antara suamiistri serta anak- anak. Mereka dengan suka ria menitip belanjaan bagi sangsuami/ayah. Misalnya membeli bumbu, sabun, odol , perlengkapan dapur dansebagainya. Dan untuk istri tercinta, tersedia panggilan kesayangan :” NAI!”

Wajar bila wartawan bertanya tentangkenangan selama mendampingi Sang Syaikh Ad-dakwah Lagi lagi air mata kekagumanyang menjawab. Pria special memang mendapat tempat pilihan dihati. Sertadilepas dengan air mata istimewa pula.

********
Sekarang masihkah ada suami terpuji yang menjadi pujaan hati istri. Meski arwahnya sudah dijemput Maha Kuasa.Masihkah istri – istri merindukan dan menangisi kepergian itu karena terkenang akhlak luhurnya ? atau tangisan yang ada hanyalah kerapuhan hati tak siapditinggal mati ?

Lelaki pilihan menangis saat lahirdan ketika wafat orang – orang tercinta yang menangisi kepergiannya. Keindahan budi pekerti melukiskan kenangan tiada terlupakan. Ada isakan rindu disetiap bait bait doa. Kebanggaan abadi atas perjuangan tulus ikhlasnya.


Kalaupun bukan public figure masyarakat, suami tersebut adalah teladan bagi anak istri. Barangkali kedatangannya tidak pernah dieluk elukan pendukung, namun kehadirannya dirumahtangga selalu menjadi pelita. Sanjungan dari para penggemar belum tentu tulus.Adanya. Puji puji dari anak istri merupakan kesyukuran terdalam, sebab merekatelah dianugerahi pahlawan sejati.

Dia tidak harus suami super hebat dengan berderet penghargaan menempel dipundaknya. Bukan pula pria terkenal yangmengorbankan segala galanya demi penggemar, jabatan , uang , prestasi, danprestise, sementara keluarga kocar kacir, bukan pula pria yang jago mengguyuriuang melimpah atau fasilitas hidup serba wah.

Kesombongan  tercermin dari ucapan, " Bu ! maaf, hidupku sudah dikorbankan semata mata demi umat. Jadi, ibu dan anak anakpandai-pandai mengatur diri sendiri !”

“Hanya untuk umat ?”  memangnya anak istrimakhluk angkasa luar ?mereka pasti bukan alien, tetapi bagian juga dari umat yang harusdiperjuangkan. Malahan tanggung jawabnya lebih berat.

Perkara kejiwaan  sering menjadi barang mahal yang jarangtersentuh. Istri yang malang mempunyai suami yang dipuja banyak wanita. Tetapisebagai istri, ia sendiri tidak pernah merasa memiliki.

Apalah arti seorang suami hebat yangmenghabiskan semua hidup bagi orang lain ? berjaya di tengah gemuruh tepuktangan anak buah, mendapat penghargaan dan kekaguman dari para wanita, tetapitidak dapat berlaku baik terhadap istri, dan memperoleh cibiran dari anakistri.

Wanita beruntung itu mempunyai dualaki laki pilihan sekaligus pujaan : AYAH DAN SUAMI yang sama sama saleh. Tidaksia sia ketika masih gadis ia mati matian menghunus syarat utama Dien yang capjempol. Profil suami teladan yang membimbing keluarganya menjadi kafilahsyurga.

Suami hebat itu seperti seorangsahabat nabi. Kulitnya yang hitam bertambah legam karena setiap hari menampungterik matahari, bekerja mencari nafkah sebagai pemecah batu. Tangannya kasardan juga mengeras. Hingga ia mengadu pada Rasulullahsaw , “ berapa malang nasib tanganku !”
Beliau meraih dan menciuminya. “Inilah tangan yang akan mengantarkan pemiliknya ke syurga.”

Tangan mulia seorang suami yanghancur menghidupi anak istri adalah tangan yang menjadi kebanggaan dihadapanAllah. Jihad demi keluarga telah membuat tubuhnya kerempeng, tangan kasar, ataumalah sakit sakitan.
Keberadaannya barangkali tidakmenarik para wartawan. Perjuangan sucinya tidak pernah menghiasai lembaransurat kabar. Namun ada yang benar – benar memujanya setulus jiwa.

Suami seperti itu mewariskan hartabenda, sebab sampai kapanpun ia tak sudi menjadi hamba dunia. Namun ada yanglebih berharga daripada gemerlap serba semu itu. Kenangan terindah perihalakhlak mulia sebagai kepala rumah tangga, semangat heroic dan perlakuan manis.Suami yang membuktikan cinta yang sesungguhnya.

Boleh jadi istri sulit menemukankebanggaan sejati meski dari pernikahan yang lama. Penyebabnya suami pergitanpa meninggalkan keteladanan kecuali limpahan harta yang justru menjadi biangmalapetaka perpecahan keluarga.

Lantas kenangan macam apa yang bisamembangkitkan haru biru layaknya Aisyah ? alas an apa yang membuat air mataistimewa mengalir dipipi istri ? dan suami mana lagikah yang bisa mewarisikehebatan Rasulullah saw dalam meninggalkan kenangan ? ……….
*******

Disarikan dari : Membina Syurgadimahligai Cinta
Illahi Rabbi..... perkenankan lisanini dapat berucap " KANA KULLU AMRIHI AJABA " disaat semua lisantertuju dan mempertanyakan " Ceritakanlah kepada kami hal yang mempesonadari suamimu ?
llahi dalam kekayaan-MU hamba adalahfakir, sedang dalam kefakiran hambapun adalah fakir. Illahi, hambalah orangyang jahil dalam ilmu, betapa hal ini tiada lebih bodoh dari kebodohankumemahami. Sungguh perubahan ketetapan-Mu, cepat sampai takdir-MU, itu semuatelah menahan orang - orang arif merasa puas atas semua pemberian tapi putusasa dalam ujian. semoga ... saudara saudariku jauh dari seorang yang memilikibanyak keinginan agar terlepas dari kekecewaan yang panjang. Maha Suci EngkauDuhai Quddus .. ditangan-MU segala kerajaan dan Engkau Maha Kuasa atas segala sesuatu........

Apa itu Air MANI , MAZI & WADI

Air Mani , Air Mazi dan Air Wadi. Apakah yang dikatakan ketiga-tiga air ni?
Mesti ramai yang keliruatau langsung tidak pernah tahu. Jadi saya rasa bertanggungjawab untukberkongsi artikel yang telah saya baca dari sebuah blog dengan rakan-rakan semua.

AIR MANI
Maksud Air Mani -Air mani ialah cecair putih pekat yangkeluar apabila sampai kepada kemuncak syahwat. Ia bukan najistetapi hendaklah mandi wajib bagi mensucikannya untuk membolehkan seseorang itumenunaikan ibadat..
Hukum jika keluarAir Mani - Hukumnya adalah wajib untuk mandi wajib. Inibukan suatu perkara yang boleh dimain-main kan kerana tak sah segala ibadatjika badan tak suci dari hadas.
Bagaimana Air Maniboleh keluar - Air Mani tidakakan keluar tanpa diberi ransangan pada alatsyahwat (alat sulit). Maknanya ianya keluar apabila kitaterangsang yang amat sangat.
Pandangan mahzabterhadap air mani -Air manilelaki dan wanita dianggap najis menurut mazhabHanafi dan Maliki. Namun Mazhab Syafie dan Hanbalipula mengganggapnya suci.

AIR MAZI 
Maksud AirMazi - Air Mazi ialah cecair jernih yang keluardisebabkan rangsangan ketika mukaddimah syahwat (di awal rasa rangsang). Iaadalah sejenis najis .
Hukum jika keluarAir Mazi - Tidak perlu mandi wajib.Tetapijika ingin solat hendaklah menyucikan diri dan mengalas sesuatu kepada pakaiandalam jika berada di luar untuk beribadat.Elok jika tukar seluar dalam andaapabila hendak solat.
Bagaimana Air Maziboleh keluar -Selain daripadapandangan yang memberangsangkan (melihat sesuatu yang boleh mendatangkanransangan seperti gambar porno, wanita seksi.. dll) banyak lagi sebab kenapaaiar mazi boleh keluar. Antaranya ialah ketika membuang air besar atau kecil.Air Mazi terhasil apabila otot lantai pelvis tercengkam apabilameneran.Kadangkala cecair daripada pundi prostat juga akan terkeluar ketikamembuang air besar. Ia berlaku apabila najis yang turun melalui usus menekanpundi prostat dan cecair  akan terkeluar menerusi saluran kencing.Warnanyajernih atau kelabu kekuningan.Semua perubahan ini adalah semula jadi danbukannya penyakit..Seterusnya air mazi juga boleh terhasil semasa seseorang itubermimpi yang menyebabkannya apabila terjaga dia terasa sesuatu cecair telahkeluar,ini juga adalah sejenis air mazi.
Pandangan Air Mazimenurut Mazhab -Semua lamabersetuju yang air mazi ialah sejenis najis.Hasilnya, majoriti pandangan ulama yang menyatakan menelan dan menghisaptermasuk cecair mazi ini haram atau makruh berat.para ulama juga menegaskan bahawa perlu membasuh dengan segera jika terkena airmazi tadi. Mazi dianggap najis lain yang kotor dalam Islam, justeru harammemakan tahi atau meminum air kencing.
Maklumat tambahantentang Air Mazi - Bagi merekayang selalu melakukan seks oral. Anda disarankan utk menghentikan perbuatantersebut..Perbuatan seks oral ini adalah diharamkan termasuk dalam fatwa Islamdi Malaysia. Diingatkan sekali lagi, air mazi adalah HARAM untuk ditelan dan ianyaADALAH NAJIS.Walaupun ada yang beranggapan bahawa yang ditelan oleh pasanganmereka adalah air mani ( suci ) tetapi bukankah sebelum keluarnya air mani itudisertakan sekali dengan air mazi? Fikir-fikirkan la.......

AIR WADI
Maksud Air Wadi - Adalah air putih kentalyang keluar dari kemaluan seseorang selepas buang air kecil (kencing).
Hukum jikakeluar Air Wadi - Keluarnya airwadi maka terbatallah segala wuduk termasuk ibadat.Ianya sama seperti air mazi.Cara untuk membersihkannya ialah dengan mencucikemaluan dan ambil semula air wuduk  kembali jika ingin solat.
Bagaimana AirWadi boleh keluar - Kadangkalaair wadi boleh terhasil akibat letih atau mengangkatsesuatu yang berat selain daripada bekerja di siang hari ( mungkin ketika diwaktu yang panas terik)

Tazkirah

AIR LAUTDari Abu Hurairah r.a.berkata: Seorang laki-laki bertanya kepada Rasulullah saw, “Ya Rasulullah, kamiberlayar di laut dan kami hanya membawa air sedikit, jika kami memakai air ituuntuk berwudhu’ makakami akan kehausan; bolehkah kami berwudhu’ dengan airlaut?” Rasulullah saw menjawab, “Air laut itu suci lagi menyucikan, bangkainya halal dimakan.”(Riwayat lima ahli hadits, menurut Tirmidzi, hadits ini shahih)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar